alexametrics

Relawan Juara Bantu Pengungsi Gempa di Daerah Terisolasi

loading...
Relawan Juara Bantu Pengungsi Gempa di Daerah Terisolasi
Tim Juara saat menyalurkan bantuan ke kantung pengungsi akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. FOTO/IST
A+ A-
PALU - Bencana gempa yang diikuti tsunami menghancurkan Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah telah menyisakan duka berkepanjangan bagi masyarakat. Puluhan bahkan ratusan orang sekarang hidup dalam pengungsian.

Prihatin dengan masalah ini, relawan Juara (Jokowi Suara Hati Rakyat) tergerak untuk membantu para pengungsi. Melalui donasi antara sesama relawan, relawan Juara telah mengirimkan bantuan sembako ke daerah-daerah yang masih belum terjangkau penuh.

"Kami mengirimkan bantuan sembako ke daerah Sigi yang belum sepenuhnya ter-cover bantuan dengan cara menggunakan sepeda motor. Karena lokasi atau jalan yang menghubungkan daerah tersebut hancur, sehingga masyarakat pengungsi di sana kekurangan makanan," kata Sekjen Juara, Troy Evelon Pomaling, Sabtu (13/10/2018).

Menurut Troy, relawan sengaja memilih daerah yang sulit dijangkau bantuan. Sebab mereka memperoleh laporan dari anggota relawan pengawal TPS yang kebetulan tinggal di lokasi bencana dan hidup dalam pengungsian bersama masyarakat korban bencana.

"Setelah mendapat laporan dari relawan Pengawal TPS Juara bahwa desa-desa mereka terisolasi akibat bencana gempa dan tsunami, kami Kooordinator Nasional Relawan Juara langsung mengajak sesama relawan melalui WA grup mengumpulkan donasi untuk membantu saudara kita di sana dan karena daerahnya sulit dijangkau distribusi dilakukan dengan cara mengirimkan bantuan lewat kendaraan roda dua," paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, bantuan akan dikirimkan terus-menerus karena sesama relawan Juara masih mengumpulkan donasi secara gotong-royong di seluruh Indonesia.

Sementara itu, pembina relawan Juara, Effendi Asnawi berharap, para relawan yang sedang bekerja menyalurkan bantuan di lapangan tetap semangat dan menjaga kekompakan. "Sebagai pembina relawan Juara saya berharap Tim Juara kompak bekerja untuk kemanusiaan dan semoga amal bakti kita mendapat imbalan setimpal dari Allah SWT," kata Effendi.
(amm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak