Forum Komunikasi Kecamatan Ujung Tombak Deteksi Dini

Jum'at, 12 Oktober 2018 - 10:33 WIB
Forum Komunikasi Kecamatan Ujung Tombak Deteksi Dini
Forum Komunikasi Kecamatan Ujung Tombak Deteksi Dini
A A A
PALEMBANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membuka Rapat Koordinasi Nasional Camat Regional III di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (11/10/2018). Mendagri menyinggung soal pentingnya keberadaan dan peran forum komunikasi kecamatan.

Menurut Tjahjo, dibentuknya forum komunikasi kecamatan adalah untuk jadi ujung tombak deteksi dini di wilayah kecamatan. Dan, dalam forum komunikasi kecamatan, camat memegang peranan penting. "Kenapa dibentuk forum komunikasi kecamatan untuk deteksi dini," kata Tjahjo, di Palembang, Kamis (11/10).

Karena itu camat harus paham berapa desa yang ada di wilayahnya. Camat juga mesti tahu mana desa atau kelurahan yang padat penduduk. Mana desa atau kelurahan yang punya potensi dapat mengganggu stabilitas, menghambat sinergi, dan menghambat pembangunan. "Jadi kuncinya stabilitas. Sebab dengan stabilitas yang baik, pembangunan ini bisa berjalan dengan baik," ujarnya.

Tidak lupa, Tjahjo membeberkan berbagai pencapaian pembangunan yang telah dilakukan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Banyak yang telah dicapai, terutama pembangunan di bidang infrastruktur, ekonomi, dan sosial.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari peran camat. "Karena itu saya mohon, para camat saling berkomunikasi sesama daerah atau lain daerah yang secara geografis berbeda. Bisa saling tukar pikiran," katanya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8455 seconds (0.1#10.140)