Mengenal Gurmar, Penghancur Gula untuk Penderita Diabetes

Kamis, 21 Maret 2024 - 08:14 WIB
loading...
Mengenal Gurmar, Penghancur Gula untuk Penderita Diabetes
Gurmar dikenal sebagai penghancur gula karena kemampuannya menekan rasa manis. (Foto: Essanews)
A A A
JAKARTA - Gurmar, tanaman herbal asal India, telah lama dikenal sebagai penghancur gula karena kemampuannya menekan rasa manis. Tanaman ini tak hanya bermanfaat bagi penderita diabetes, tapi juga mereka yang ingin mengendalikan berat badan.

Gurmar, si rambat abadi dengan daun elips dan bunga kuning kecil, telah digunakan dalam pengobatan Ayurveda selama lebih dari 2 ribu tahun. Manfaatnya tak hanya terbatas pada diabetes, tetapi juga berbagai masalah pencernaan, sembelit, dan bahkan pembersihan parasit. Sifat anti-inflamasi dan diuretiknya menjadikannya solusi alami yang efektif.

Dilansir dari Essanews, Kamis (21/3/2024), dalam Journal of Herbs, Spices & Medicinal Plants disebutkan kemampuan Gurmar yang paling terkenal adalah menekan rasa manis. Mengunyah daunnya sebelum makan dapat membuat makanan manis terasa hambar dan tidak menarik, sehingga membantu mengendalikan keinginan untuk mengonsumsi gula.

Efek ini berasal dari asam gymnemic, senyawa yang menempel pada reseptor rasa di lidah dan memblokir rasa manis. Penelitian menunjukkan bahwa asam gymnemic juga memiliki sifat anti-diabetes. Asam ini membantu menghambat penyerapan gula di usus dan meningkatkan kadar insulin dalam darah.



Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar 400 mg ekstrak gurmar selama 18 hingga 20 bulan memungkinkan beberapa penderita diabetes untuk menurunkan dosis obat.

Gurmar tak hanya membantu mengendalikan diabetes, tapi juga bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menghambat penyerapan lipid, sehingga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Selain itu, Gurmar juga membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat, sehingga tubuh dapat membakar kalori lebih efisien.


Kandungan dan Cara Penggunaan Gurmar


Gurmar kaya senyawa bermanfaat, seperti asam gymnemic, flavonoid, asam sinamat, asam folat, vitamin C, asam format, dan asam butirat. Bagian tanaman yang paling bermanfaat adalah daunnya, yang diproses menjadi bentuk kering untuk diseduh. Gurmar juga tersedia dalam bentuk bubuk, tablet, dan sebagai unsur dalam suplemen makanan.

Meskipun konsumsinya umumnya dianggap aman, ibu hamil, anak-anak, dan mereka yang sedang menggunakan obat anti-diabetes harus berhati-hati. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan Gurmar untuk memastikan keamanannya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2690 seconds (0.1#10.140)