Sejarah Telaga Biru Cicerem, Lokasi Wisata yang Syarat Akan Sejarah

Rabu, 17 Mei 2023 - 09:35 WIB
loading...
Sejarah Telaga Biru Cicerem, Lokasi Wisata yang Syarat Akan Sejarah
Telaga Biru Cicerem adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Kuningan, Jawa Barat dan berada di kaki gunung Ceremai
A A A
KUNINGAN - Belakangan ini, Telaga Biru Cicarem menjadi viral di media sosial karena adanya dipenuhi pengunjung. Banyak pengunjung yang rela antre hingga sejam hanya untuk berfoto di lokasi ini.

Telaga Biru Cicerem adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Kuningan, Jawa Barat dan berada di kaki gunung Ceremai. Telaga ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan dengan airnya yang berwarna biru cerah. Namun, di balik keindahan tersebut, terdapat sebuah sejarah yang menarik dan perlu untuk diketahui.

Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, tempat tersebut tak lepas dari sosok Nyi Bomas Inten yang patungnya berada di tengah telaga. Ia adalah warga desa Kaduela yang menikah dengan pria berdarah kerajaan atau keraton Cirebon bernama Syekh Abdul Iman.

Suami Nyi Bomas Inten ditugaskan untuk menyebarkan agama Islam pada masa Wali Songo. Penyebaran itu dilakukan di seluruh wilayah desa Kaduela yang didominasi oleh masyarakat Hindu.

Baca juga: Jemaah Haji Didominasi Lansia, Pemprov Jabar Siapkan Pendamping Khusus

Cerita lain menyebut ada seorang Wali yang juga datang ke lokasi telaga untuk menyebarkan agama Islam. Karena para penduduk desa mengaku kesulitan mendapatkan air, maka ia mengetukkan tongkatnya ke tanah hingga keluar air dan memenuhi telaga. Sementara itu, sosok Nyi Bomas Inten sendiri dipercaya masih menjaga telaga tersebut hingga detik ini.

Telaga Biru Cicerem kini telah menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal di Jawa Barat. Selain keindahan alamnya yang menakjubkan, telaga ini juga memiliki cerita sejarah yang menarik dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut.

Di sekitaran telaga, ada tempat penginapan dan restoran yang bisa didatangi para pengunjung jika ingin menghabiskan waktu lebih lama di tempat tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa keindahan alam Telaga Biru Cicerem harus dijaga dan dilestarikan. Sebagai pengunjung, kita sudah sepatutnya mematuhi aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola, seperti tidak merusak alam sekitar dan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan cara ini, keindahan Telaga Biru Cicerem bisa terjaga dan dapat dinikmati oleh generasi-generasi selanjutnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2912 seconds (0.1#10.140)