Pekerja Panen Sagu di Riau Diterkam Harimau, Kondisi Mengenaskan

Senin, 18 Maret 2024 - 18:00 WIB
loading...
Pekerja Panen Sagu di Riau Diterkam Harimau, Kondisi Mengenaskan
Pekerja panen pohon sagu di Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau diterkam harimau. Foto/Ilustrasi
A A A
SIAK - Seorang pekerja panen pohon sagu di Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau bernama Effendi alias Fii diterkam harimau. Saat kejadian korban sedang berada di barak.

”Akibat serangan itu, korban mengalami luka pada bahu dan lengan sebelah kanan,” ucap Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Genman Suhefti Hasibuan, Senin (18/3/2024).

Kejadian itu terjadi pada Minggu 17 Maret 2024 di Dusun 3 Sungai Mungkal, Kampung Penyengat Kecamatan Sungai Apit sekitar pukul 21.30 WIB. Saat itu korban bersama beberapa temannya sedang berada di depan mess atau barak pekerja sagu.



Saat itu lah seekor harimau muncul dan langsung menyerang korban. Korban berhasil selamat setelah ditolong temannya.

”Lokasi serangan harimau Sumatera merupakan barak terbuka pekerja panen sagu yang berjarak lebih kurang 1,5 kilometer dari permukiman warga atau perkampungan,” imbuhnya.

Terkait hal itu, BBKSDA meminta warga agar mengurangi aktivitas di malam hari. Kepada pekerja juga diminta untuk tidak berada di sana lagi.



”Agar tidak keluar dan beraktivitas malam hari secara sendiri-sendiri. Bila bekerja ke ladang atau berkebun sebaiknya secara kelompok. Untuk para pekerja panen sagu agar meninggalkan barak kerja dan bermalam di desa,” paparnya.

Dia menegaskan bahwa lokasi itu merupakan kawasan Hutan Produksi yang Dapat Dikonversi (HPK) dan HK Hutan Konservasi. "Lokasi tersebut ada yang masuk HPK dan bagian penyangga hutan produksi serta HK," tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1726 seconds (0.1#10.140)