alexametrics

Ratusan Rumah di Kota Padang Terendam Banjir, Puluhan Warga Dievakuasi

loading...
Ratusan Rumah di Kota Padang Terendam Banjir, Puluhan Warga Dievakuasi
Lokasi banjir dan proses evakuasi para korban di Kompleks Jundul Rawang, Kota Padang. Foto/Rus Akbar
A+ A-
PADANG - Badan menggigil dengan balutan pakaian basah, Jasminil (60) mendatangi sebuah warung di kawasan RT 03, RW 04, Kelurahan Jundul Rawang, Kota Padang, Sumatera Barat.

"Rumah saya tergenang sedalam dada saya, ini beli mie instan untuk makanan di rumah, kita masak pakai kompor gas yang kita tempatkan di lokasi yang tinggi," tuturnya tadi sore (26/9/2018).

Rumah yang didiaminya di kawasan itu tergenang banjir sedalam 1,5 meter. Sebagian badan Jasminil sudah basah kuyup karena sibuk mengevakuasi barang dan peralatan rumah tangga di tempat ketinggian.



"Kami lapar sementara tidak ada stok makanan di rumah terpaksa saya beli mie instan empat bungkus," katanya.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan banjir yang terjadi ini akibat curah hujan yang tinggi sejak sore tadi membuat beberapa kecamatan di Kota Padang tergenang banjir.

"Ada beberapa titik yang terjadi banjir, di Kecamatan Lubuk Kilangan, Lubuk Begalung, Padang Selatan (Jundul Rawang dan Batang Harau tergenang banjir, saat ini tim kita lagi memonitor lokasi banjir," terangnya di lokasi banjir.

Untuk ketinggian banjir kata Sutan bervariasi ada 50 sentimeter ada juga satu meter lebih. "Untuk kawasan Jundul Rawang ini paling dalam, satu perahu karet kita kerahkan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Kita akan evakuasi di tempat ketinggian sembari menunggu air surut," ujarnya.
Ratusan Rumah di Kota Padang Terendam Banjir, Puluhan Warga Dievakuasi

Belum diketahui jumlah rumah yang tergenang banjir, namun berdasarkan pantauan yang dilakukan ada ratusan rumah terendam banjir. "Tadi juga ada kabar ada warga yang hanyut akibat terseret banjir namun kita belum bisa memastikan. Saat ini upaya yang dilakukan dengan mengevakuasi korban," jelasnya.

Selain BPBD Kota Padang, tim Basarnas juga datang ke lokasi membawa truk dan peralatan untuk mengevakuasi korban yang terjebak. Sementara di lokasi banjir juga mengalami pemadaman listrik.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak