Operasi Ketupat 2020 Hari ke-6, 15.000 Kendaraan Diminta Putar Balik

Jum'at, 01 Mei 2020 - 03:39 WIB
loading...
Operasi Ketupat 2020 Hari ke-6, 15.000 Kendaraan Diminta Putar Balik
Kakorlatan Irjen Pol Istiono saat meninjau Pos Penyekatan Mudik 2020. Dimana di hari ke-6 Operasi Ketupat 2020 sudah 15.000 kendaraan yang hendak mudik diminta putar balik. Foto/Dokumen/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tercatat ada 15.000 kendaraan yang hendak mudik diminta untuk putar balik oleh aparat kepolisian hingga hari ke-6 Operasi Ketupat Jaya 2020.

Dari evaluasi di lapangan bahwa masih banyak aktivitas masyarakat yang berkendara di Jabodetabek, namun secara situasional diizinkan demi kepentingan bekerja, bukan kepentingan mudik.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono mengatakan, ada beberapa hal fenomena di lapangan, seperti banyak masyarakat yang mencuri waktu kesempatan untuk mudik menggunakan travel, truk terbuka yang sudah ditutup, terus menggunakan truk barang.

"Saya harap yang begini tidak lagi dilakukan masyarakat. Ini juga akan memperparah penyebaran COVID-19 ke masyarakat lainnya. Kesadaran masyarakat sangat kami harapkan," kata Istiono.

Istiono mengatakan, mudik 2020 sampai saat ini masih dilarang. "Ada beberapa media yang mengutip masalah boleh mudik tapi ada syarat keterangan RT/ RW, itu tidak benar. Jadi mereka yang mengunjungi keluarga karena ada yang meninggal dunia, itu tentunya polisi punya pertimbangan diskresi di lapangan, karena Operasi Ketupat 2020 ini operasi kemanusiaan," kata Istiono.

RT RW yang dimaksud tidak mutlak, untuk mengidentifikasi daerah asal yang bersangkutan. Karena yang bersangkutan bila mengunjungi saudaranya bukan mudik itu pun statusnya sudah ODP dan harus karantina 14 hari, sesuai protokol penanganan COVID-19.

"Nah ini perlu diketahui RT RW setempat. Bukan sah atau tidaknya mereka mudik dari izin RT RW. Sekali lagi surat keterangan dari RT RW itu hanya untuk kepentingan status dia diketahui, dimana daerah asal dia berangkat," kata dia.

Istiono berharap, masyarakat sebagai ujung tombak penanganan Covid-19 dan tidak perlu mencari kesempatan untuk meninggalkan daerahnya, karena daerah Jakarta ini masih zona merah.

"Ayo jaga bareng-bareng, supaya pencegahan ini bisa direm dengan dilarang mudik, peran sentral dari masyarakatlah untuk mengurangi penyebaran COVID-19 ini," kata dia.

"Terima kasih dan apresiasi kepada masyarakat yang tidak melaksanakan mudik dengan kesadarannya yang sangat luar biasa, ini bagus sekali. Dan ini bersama sama kita harus perangi untuk mencegah penyebaran COVID-19," pungkas dia.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)