Ini Perjalanan Kereta Api Daop 6 Yogyakarta yang Terdampak Banjir Semarang

Kamis, 14 Maret 2024 - 11:14 WIB
loading...
Ini Perjalanan Kereta Api Daop 6 Yogyakarta yang Terdampak Banjir Semarang
Sejumlah perjalanan kereta api (KA) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta terdampak banjir Semarang. Foto/Erfan Erlin
A A A
YOGYAKARTA - Sejumlah perjalanan kereta api (KA) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta terdampak banjir Semarang . Perjalanan KA terganggu karena banjir menggenangi rel kereta api sehingga tak bisa dilalui.

Manajer Humas Daop 6 Krisbiantoro mengungkapkan banjir menggenangi 3 titik petak jalur kereta api, yaitu petak Jalan Semarang Tawang - Alastua, petak Jalan Semarang Tawang - Semarang Poncol, dan petak Jalan Mangkang - Kaliwungu.

Krisbiantoro menjelaskan, 3 titik tersebut tergenang air sejak Kamis (14/3/2024) dini hari dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati kereta api. Ditambah Stasiun Semarang Tawang saat ini tidak dapat melayani naik dan turun penumpang karena banjir.



“Kejadian tersebut (banjir Semarang) juga berdampak pada KA-KA yang melewati Daop 6 dan mengarah ke tujuan Semarang," ujar Krisbiyantoro.

Krisbiyantoro menyebut imbas banjir Semarang, beberapa KA Daop 6 juga dibatalkan perjalanannya. Di antaranya KA 161 (Joglosemarkerto) relasi Solobalapan-Tegal, KA 162 (Joglosemarkerto) relasi Tegal-Solobalapan, KA 207F (KA Banyubiru) relasi Solobalapan-Semarang Tawang, dan KA 210F (KA Banyubiru) relasi Semarang Tawang-Solobalapan

Selain itu, beberapa KA juga mengalami keterlambatan yang bervariasi akibat peristiwa tersebut. Oleh karenanya bagi para pelanggan yang perjalanannya terimbas, KAI memberikan kompensasi sesuai regulasi yang berlaku baik berupa Service Recovery maupun pengembalian tiket hingga 100% tidak termasuk biaya pesan.



"Proses pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket," tambahnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0900 seconds (0.1#10.140)