Kementan Optimistis 30 Hektare Sawah di Kapringan Indramayu Berjalan Optimal

Senin, 11 Maret 2024 - 12:04 WIB
loading...
Kementan Optimistis 30 Hektare Sawah di Kapringan Indramayu Berjalan Optimal
Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian Ali Jamil turun dalam mendistribusikan empat unit bantuan irigasi perpompaan di Kabupaten Indramayu. Foto/Kementan
A A A
INDRAMAYU - Tim Satgas Darurat Pangan Kementrian Pertanian turun ke lapangan dalam menggalakkan program pompanisasi. Terdapat empat pompa yang diberikan ke Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian (PSP Kementan) Ali Jamil turun dalam mendistribusikan empat unit bantuan irigasi perpompaan di Kabupaten Indramayu, Senin (9/3/2024)

Tiga lainnya akan didistribusikan oleh Dinas Pertanian setempat sementara satu pompa diberikan langsung oleh Ali Jamil didampingi Kadistan Kab. Indramayu dan Danramil 1610 Krangkeng , kepada kelompok tani di Desa Kapringan, Krangkeng.



Ali Jamil langsung menyaksikan kerja pompa tersebut untuk memastikan alat berfungsi dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat desa Kapringan, Indramayu.

Pompa yang diberikan dengan ukuran 4 inch itu dalam satu titik diperkirakan dapat mengari 10 hektare lahan sawah. Pompa yang memiliki sistem moblie dapat dipindah-pindah dan mengairi 30 hektar sawah milik kelompok tani.

”Jadi luas sawah kelompok tani 30 hektare, satu unit pompa 4 inch dapat mengari maksimal 10 hektare. Karena sistem pompa yang mudah dibawa kemanapun maka dapat mengairi seluruh sawah milik kelompok tani,” kata Ali Jamil, Senin (11/3/2024).

Dengan lancarnya air di lahan kelompok tani tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanaman padi. Hal itu merupakan tujuan utama Kementan untuk peningkatan produksi pertanian.



“Kegiatan pompanisasi ini menjadi andalan untuk meningkatkan indeks pertanaman,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2403 seconds (0.1#10.140)