Pilgub Jabar 2024 Bertabur Bintang, Ada Ridwan Kamil hingga Desy Ratnasari

Rabu, 06 Maret 2024 - 14:37 WIB
loading...
Pilgub Jabar 2024 Bertabur Bintang, Ada Ridwan Kamil hingga Desy Ratnasari
Pilgub Jabar 2024 bisa dipastikan akan bertabur bintang menyusul kesiapan sejumlah tokoh terkenal untuk maju ke ajang kontestasi politik lima tahunan itu. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2024 bisa dipastikan akan bertabur bintang. Sebab, sejumlah tokoh menyatakan kesiapannya untuk maju dalam kontestasi lima tahunan itu.

Selain persaingan antara Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi yang sudah menyatakan siap maju Pilgub Jabar 2024, ada beberapa nama lainnya yang juga siap bersaing merebut kursi nomor 1 di Jabar tersebut.



Mereka adalah Mochamad Iriawan atau Iwan Bule, Bima Arya, Dede Yusuf, Haru Suandharu, Ono Surono, hingga Desy Ratnasari.

1. Mochamad Iriawan

Mochamad Iriawan yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra mengaku siap meramaikan Pilgub Jabar 2024.

Dirinya siap maju sebagai calon gubernur, jika memang diberi amanah oleh masyarakat Jabar.

"Apabila rakyat yang memerintahkan saya selaku konstituen, saya siap melayani rakyat Jabar," ucap mantan Ketua Umum PSSI itu, Minggu (19/2/2023).

2. Bima Arya

Partai Amanat Nasional (PAN) mempersiapkan sejumlah nama yang akan diusung untuk bertarung dalam Pilgub Jabar 2024 mendatang. Salah satu nama tersebut adalah Bima Arya.

Bima Arya yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Bogor itu akan ditugaskan untuk maju sebagai calon gubernur di Pilgub Jabar atau DKI Jakarta.

"Bima arya akan kita berikan tugas baru. Mudah-mudahan Pak Bima Arya bisa maju di pilgub, apakah itu di DKI Jakarta atau di Jabar. Nanti kita akan putuskan kemudian," kata Sekjen PAN, Eddy Soeparno di Bandung, Senin (5/2/2024).

Sebelumnya, Bima Arya mengaku, belum mau membahas lebih jauh tentang Pilgub Jabar 2024. Pasalnya, dirinya ingin fokus menyelesaikan masa jabatannya sebagai wali kota Bogor.

"Yang penting buat saya selesai dulu. Selanjutnya baru melihat perkembangan," kata Bima Arya di Sumedang, Selasa (4/4/2023).

3. Dede Yusuf

Sama seperti PAN, Partai Demokrat pun telah menyiapkan kader terbaiknya untuk bertarung di Pilgub Jabar 2024. Dia adalah Dede Yusuf Macan Effendi.

Bukan hanya calon gubernur, Partai Demokrat bahkan telah menyiapkan calon wakil gubernur yang akan mendampingi Dede Yusuf nantinya, yakni mantan Bupati Karawang, Celica Nurrachadiana.

"Sudah keputusan Rakerda untuk calon gubernur Dede Yusuf dan calon wakil gubernur Celica," kata Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Jabar M Hailuki, Selasa (3/10/2023).

4. Haru Suandharu

Haru Suandharu menjadi salah satu nama yang tengah disiapkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju pada Pilgub Jabar 2024.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Ahmad Heryawan mengakui, meski sudah ada beberapa nama yang beredar, PKS belum melakukan pembicaraan serius terkait arah dukungannya di Pilgub Jabar.

"Belum ada pembicaraan lebih serius yang bisa diumumkan, kalau perbincangan bisik-bisik belum resmi ada, tentu saja biasa namanya juga di politik, tentu kalau ngomong politik biasa," ucap Aher, sapaan akrabnya, di Kodam III Siliwangi, Kota Bandung, Jabar, Selasa (5/3/2024).

5. Ono Surono

Sekretaris DPD PDIP Jabar, Ketut Sustiawan menilai, Ono Surono sebagai kader terbaik yang layak maju dalam Pilgub Jabar 2024.

Menurutnya, Ono Surono yang kini menjabat sebagai anggota Komisi IV DPR RI memiliki sejumlah kriteria yang memenuhi syarat sebagai calon kepala daerah.

Apalagi, Ketua DPD PDIP Jabar itu masih muda dan memiliki latar belakang sebagai tokoh nelayan.

"Menurut saya, Pak Ono memiliki peluang dan juga memenuhi sejumlah kriteria. Beliau juga bukan kader yang muncul tiba-tiba tapi merintis kariernya di PDI Perjuangan dari tingkat PAC," ucap Ketut, Minggu (5/6/2022).

6. Desy Ratnasari

Selain Bima Arya, Partai Amanat Nasional (PAN) juga menyiapkan nama Desy Ratnasari untuk maju di Pilgub Jabar 2024.

"Calon gubernur Jawa Barat Teh Desy," kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di Kota Bandung, Rabu (27/9/2023).

Sementara itu, Desy Ratnasari menyatakan kesiapannya jika diperintah Ketum PAN untuk mencalonkan diri pada Pilgub Jabar 2024.

"Sebagai kader tentu harus siap ditugaskan dimanapun, di legislatif atau eksekutif. Seperti halnya ketika Ketum menugaskan saya sebagai Ketua DPW PAN Jabar," ucap Desy, Jumat (29/9/2023).

Pakar politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin sebelumnya menilai persaingan antara Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2024. Menurutnya, baik Ridwan Kamil atau pun Dedi Mulyadi mempunyai kekuatan yang berimbang.

Ujang menilai, Ridwan Kamil dengan Partai Golkar dan Dedi Mulyadi dengan Partai Gerindra, keduanya sama-sama kuat untuk bertarung secara face to face.

“Kalo saya lihat sama-sama kuat, Dedi Mulyadi dengan Ridwan Kamil. Kalau saat ini Ridwan Kamil melalui Golkar, saat ini Dedi Mulyadi melalui Partai Gerindra. Jadi kekuatannya saya lihat punya kekuatan yang sama dan seimbang,” ucap Ujang.

Meski begitu, Ujang menilai menilai bahwa kontestasi Pilgub Jabar 2024 masih sangat panjang. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan akan ada calon lain yang akan bersaing dengan Ridwan Kamil dan Dedi Mulyadi.

“Perjalanan gubernur Jabar ini masih panjang, semuanya masih cair, dinamis, berkembang, kan tidak akan hanya Dedi saja, Ridwan Kamil saja, mungkin akan muncul juga tokoh-tokoh lain yang akan meramaikan Pilgub di Jabar,” tandasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1436 seconds (0.1#10.140)