Sungai Ciberes Meluap, 5 Kecamatan di Cirebon Diterjang Banjir 1 Meter

Rabu, 06 Maret 2024 - 10:32 WIB
loading...
Sungai Ciberes Meluap, 5 Kecamatan di Cirebon Diterjang Banjir 1 Meter
Hujan lebat di Kabupaten Cirebon menyebabkan ribuan rumah di lima kecamatan terendam banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter. Foto/SINDOnews
A A A
CIREBON - Hujan lebat di Kabupaten Cirebon menyebabkan ribuan rumah di lima kecamatan terendam banjir dengan ketinggian air bervariasi hingga mencapai satu meter pada Rabu (6/3/2024). Selain itensitas hujan, penyebab banjir lantaran Sungai Ciberes meluap.

Lima kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Waled, Kecamatan Pabuaran, Kecamatan Paselemanan, Kecamatan Ciledug dan Kecamatan Karang Wareng.Banjir diperparah dengan meluapnya sejumlah sungai setelah mendapat kiriman dari wilayah hulu Kuningan.

Ini merupakan banjir kedua kalinya dalam sepekan terakhir, membuat aktivitas warga lumpuh total. Berdasarkan data BPBD Cirebon, lokasi banjir terparah berada di wilayah Timur Kabupaten Cirebon yang melumpuhkan aktivitas warga.



Di Desa Cibogo, Kecamatan Waled, terlihat aktivitas warga lumpuh total setelah akses jalan desa dan rumah terendam banjir setinggi delapan puluh centimeter.

Banjir kedua kalinya dalam sepekan terakhir ini dirasakan lebih parah, karena hampir seluruh rumah warga terendam banjir.

Meluapnya Sungai Ciberes turut memperparah situasi, membuat bendungan di pintu masuk jebol, dan air masuk ke dalam rumah. Warga hanya bisa pasrah sambil berusaha menyelamatkan barang-barang yang bisa diamankan.



Warga Desa Cibogo menyampaikan bahwa saat ini arus deras air dari Sungai Ciberes masih mengalir, membanjiri pemukiman warga.”Sebagian warga ada yang bertahan dan sudah mengungsi,” kata Kamid, warga setempat.

Saat ini, bantuan dan solidaritas dari pemerintah dan masyarakat sekitar sangat dibutuhkan untuk membantu warga yang terdampak banjir. Evakuasi dan pendistribusian kebutuhan pokok menjadi prioritas untuk membantu warga yang menghadapi banjir musiman ini.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)