Pj Gubernur Sulsel Pastikan Bantuan Cepat Tersalurkan untuk Korban Longsor Luwu

Selasa, 27 Februari 2024 - 08:52 WIB
loading...
Pj Gubernur Sulsel Pastikan Bantuan Cepat Tersalurkan untuk Korban Longsor Luwu
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan duka mendalam atas tragedi longsor yang terjadi di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, pada Senin (26/2/2024). Foto/Ist
A A A
MAKASSAR - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menyampaikan duka mendalam atas tragedi longsor yang terjadi di Desa Bonglo, Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu, pada Senin (26/2/2024).

"Pertama atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi mengucapkan turut berduka cita pada saudara kita yang terdampak dari musibah longsor tersebut," kata Bahtiar Baharuddin, di Kantor Gubernur Sulsel.

Dia mengatakan, upaya mencakup langkah-langkah tanggap darurat, koordinasi dengan instansi terkait, serta upaya rehabilitasi dan penanganan bencana, telah dilakukan.

"Saya melalui Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) mengambil langkah-langkah koordinasi. Tadi saya telepon langsung (Pj) Bupati Luwu, Pak Saleh kemudian Pj Wali Kota Palopo, sudah berada di lokasi," ungkapnya.



Langkah-langkah untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh tanah longsor, serta menjaga keselamatan masyarakat sekitar, juga dilakukan.

"Karena itu jalan akses terputus dan itu tadi Dinas PU, dan Dinas Sosial Provinsi. Memastikan dikerjakan supaya akses terputus ini segera bisa diatasi dan alat-alatnya yang terdekat dikerahkan," ujarnya.

Dalam situasi darurat ini, gubernur berperan penting dalam memastikan bantuan cepat tiba di lokasi terdampak dan menyelamatkan korban yang membutuhkan pertolongan.

"Jadi saya juga pantau terus. Saya juga meminta karena jalan akses terputus sementara. Kita harus memastikan sembako masyarakat jangan sampai terganggu disalurkan," imbuhnya.

Bahtiar pun meminta bupati, secara administratif untuk menetapkan kondisi tanggap darurat, agar dapat menggunakan fasilitas anggaran yang tersedia.

Bencana longsor melanda wilayah Kecamatan Bastem Utara, Kabupaten Luwu menelan korban jiwa. Hingga Senin (26/2024) sore sudah ditemukan 14 korban yang tertimbun material longsor, 10 orang selamat dan 4 orang tewas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu, Andi B Tenriesa, menyampaikan seluruh korban baik yang hidup atau meninggal sudah dilarikan ke rumah sakit terdekat.

"Hingga saat ini korban yang ditemukan sudah 14 orang. 10 dalam keadaan selamat dan 4 orang ditemukan dalam keadaan meninggal. Seluruhnya sudah dilarikan ke rumah sakit atau puskesmas terdekat," ujarnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)