Puting Beliung hingga Gempa Terjang 12 Daerah di Jabar Sepanjang 2024

Jum'at, 23 Februari 2024 - 20:21 WIB
loading...
Puting Beliung hingga Gempa Terjang 12 Daerah di Jabar Sepanjang 2024
Tahun 2024 yang baru berjalan dua bulan jadi momen berat bagi Jawa Barat karena terjadi bencana alam gempa, longsor, banjir, hingga puting beliung di 12 daerah. Foto/Tangkapan Layar
A A A
BANDUNG - Meski baru berjalan dua bulan, tahun 2024 menjadi momen yang berat bagi Jawa Barat (Jabar). Sejumlah bencana alam seperti gempa, longsor, banjir, hingga puting beliung terjadi sejak awal Januari hingga pertengahan Februari ini.

Hujan ekstrem disebut menjadi salah satu penyebab rentetan bencana alam tersebut. Selain itu dipicu perubahan iklim dan aktivitas alih fungsi lahan yang mengakibatkan minimnya jumlah kawasan hutan dan daerah resapan air.



Sedikitnya, ada 12 daerah di Jabar yang dilanda bencana alam di tahun 2024 ini.

Ini datanya kejadian dan ulasannya:

1. Gempa Sumedang

Bermula dari gempa bumi merusak yang mengguncang Kabupaten Sumedang. Gempa ini terjadi beberapa jam sebelum pergantian tahun 2024. Pada Minggu (31/12/2023), gempa berturut-turut mengguncang Sumedang.



Diawali gempa M 4,1 dengan kedalaman 7 km pukul 14.35 WIB, gempa M 3,4 dengan kedalaman 6 km pukul 15.38 WIB, dan puncaknya gempa M 4,8 kedalaman 5 km pukul 20.34 WIB.



Gempa ini mengakibatkan setidaknya 13 warga mengalami luka, 1.462 unit bangunan rusak dengan rincian rusak ringan 1184 unit, rusak sedang 197 unit dan rusak berat 81 unit.

2. Banjir Cirebon

Ratusan rumah dalam tiga desa di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, terendam banjir, Kamis (1/2/2024) malam. Air merendam permukiman warga dengan ketinggian variatif.

Banjir merendam jalan penghubung Desa Gamel dengan Desa Wotgali. Jalan itu juga menghubungkan Kecamatan Plered dengan Kecamatan Gunung Jati. Ketinggian permukaan air di Desa Gamel mencapai sekitar 50 sampai 100 sentimeter.

Diketahui, banjir kali ini didahului oleh hujan deras disertai angin kencang. Hujan berlangsung cukup lama dimulai Kamis (1/2/2024) sekitar pukul 16.00 WIB hingga 19.00 WIB.

3. Longsor Mata Air Cipondok Subang


Bencana longsor terjadi di Kabupaten Subang. Longsor terjadi di kawasan wisata dan sumber mata air Cipondok pada Minggu (7/1/2024) sekira pukul 17.45 WIB. Longsor sendiri terjadi usai curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Subang.

4. Longsor dan Puting Beliung Garut


Bencana longsor dan angin puting beliung terjang beberapa daerah di Kabupaten Garut, Senin (5/2/2024).

Kejadian longsor dilaporkan pertama kali terjadi di Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang sekitar Pukul 09.00 WIB. Akibatnya, jalan lingkungan penghubung antara Kecamatan Cikajang dan Banjarwangi tidak dapat dilalui.

Dugaan sementara, longsor terjadi diakibatkan oleh kemiringan lereng yang curam dan ketidakmampuan tanah untuk menampung tingginya resapan air, sehingga mengakibatkan longsoran dengan kering sekitar 30 meter dan panjang sekitar 15 meter.

Selain bencana longsor, dilaporkan juga telah terjadi bencana angin puting beliung yang menimpa daerah di Desa Kersamenak, Kecamatan Tarogong Kidul pada pukul 14.30 WIB.

Hujan dengan intensitas tinggi yang disertai angin puting beliung dan petir melanda wilayah Desa Kersamenak, hingga berdampak pada rusaknya beberapa rumah warga di bagian atap.

Sedikitnya, 7 rumah milik warga mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung ini. Tak hanya itu, akibat bencana tersebut sempat memutuskan jaringan listrik ke-7 rumah tadi, akibat tertimpa pohon bambu yang roboh.

5. Banjir Kabupaten Bandung


Banjir akibat hujan deras membuat sebagian wilayah di Kabupaten Bandung dilanda banjir. Setidaknya 116 rumah terdampak kejadian ini.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar menyebutkan, banjir terjadi di Kecamatan Bojongsoang, Dayeuhkolot, Rancaekek, dan Kecamatan Pangalengan, Selasa (8/1/2024). Ketinggian air antara 10-60 centimeter. Rata-rata setiap keluarga terdiri dari empat orang.

6. Banjir Kota Bandung


Banjir akibat luapan Sungai Cikapundung merendam ratusan rumah di pusat Kota Bandung, di Kelurahan Braga, Kamis (11/1/2024). Warga terdampak terpaksa mengungsi ke rumah kerabat dan tetangga.

Banjir terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Hujan deras di Kota Bandung sejak Kamis siang membuat aliran Sungai Cikapundung meluap dan menjebol salah satu titik tanggul.

7. Banjir Majalengka


Banjir melanda wilayah Kabupaten Majalengka sejak Minggu (11/2/2024), dan mulai berangsur surut pada Senin (12/2/2024) malam. Peristiwa itu terjadi pasca hujan dengan itensitas tinggi yang sebabkan meluapnya debit air Sungai Cipelang ke permukiman warga dan beberapa akses jalan tergenang.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB melaporkan, banjir sempat sebabkan 1.923 KK/5.641 jiwa terdampak, lokasinya berada di enam desa yang ada pada Kecamatan Kertajati, meliputi Desa Palasah, Pakubeureum, Kertawaringin, Kertajati, Bantarjati dan Babakan.

Sebanyak 1.631 unit rumah, 7 unit fasilitas pendidikan, 7 unit fasilitas peribadatan dengan ketinggian maksimal saat itu 80 centimeter. Banjir juga melanda 715 hektare lahan pertanian terdampak.

8. Longsor Sukabumi


Bencana tanah longsor terjadi di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (24/1/2024). Longsor mengakibatkan 12 rumah rusak berat serta posyandu dan mushala terdampak.

BPBB Jabar melaporkan, tanah longsor terjadi di Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, sekitar pukul 10.00 WIB. Tak ada korban jiwa ataupun luka dalam peristiwa itu.

9. Banjir Cianjur


Sungai Cibodas meluap dan menyebabkan banjir di Kabupaten Cianjur. Bencana banjir ini melanda tiga kecamatan hingga membuat ratusan rumah terendam air. Sebanyak delapan keluarga yang terisolir telah dievakuasi.

10. Longsor Rajamandala-Cipongkor Kabupaten Bandung Barat


Longsor terjadi di empat titik tebing hingga menimbun badan Jalan Rajamandala-Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jumat (16/2/2024).

Jalan yang tertimbun itu merupakan ruas jalan PLTA Saguling yang menghubungkan Kecamatan Cipatat dengan Kecamatan Cipongkor. Titik longsor itu berada di Kampung Cipanas, RT 01 RW 01 Desa Rajamandalakulon, Kecamatan Cipatat.

11. Longsor Parongpong Kabupaten Bandung Barat


Longsor menutup ruas Jalan Kolonel Masturi, tepatnya di dekat objek wisata Curug Pelangi Cimahi dan Universitas Advent Indonesia, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Longsor dari tebing kurang lebih setinggi 15 meter di tepi jalan alternatif menuju kawasan wisata Lembang itu terjadi Selasa (6/2/2024) sekitar pukul 17.45 WIB.

12. Puting beliung Kabupaten Bandung dan Sumedang


Sebanyak 735 keluarga dan 116 bangunan terdampak puting beliung di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang, Rabu (21/2/2024). Sedikitnya 32 warga terluka akibat kejadian ini.

Bencana ini terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Putaran angin kencang berukuran besar muncul di area persawahan. Pusarannya semakin besar dan merusak bangunan, rumah, pohon, hingga membalikkan truk.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)