alexametrics

Daftar Warga Negara Asing Pendaki Gunung Rinjani

loading...
Daftar Warga Negara Asing Pendaki Gunung Rinjani
Pendaki Gunung Rinjani yang sempat terjebak longsor akibat gempa bumi tiba di Pos Bawaknao, Sembalun, Lombok Timur, NTB, Senin (30/7/2018). Foto Antara/Akbar Nugroho Gumay
A+ A-
JAKARTA - BNPB menyebutkan ada sebanyak 637 Warga Negara asing (WNA) yang mendaki Gunung Rinjani saat gempa bumi 6,4 SR mengguncang Lombok pada Minggu (29/7/2018) pukul 05.47 WIB.

“637 WNA ini mendaki melalui pintu Sembalun dan Senaru pada tanggal 27 dan 28 Juli 2018,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/7/2018).  

Untuk membantu proses evakuasi pendaki, 184 orang Tim Evakuasi Gabungan sudah dikerahkan ke Gunung Rinjani. Di antaranya dari TNGR 10 personel, TNI 120 personel (termasuk 100 anggota Kopassus).

Kemudian dari Polri 13 personel (3 personel Sabhara dan 10 personel Brimob), Basarnas 15 personel, tenaga medis 6 personel (1 dokter, 5 perawat), relawan 20 personel.



Tim Evakuasi Gabungan membawa logistik untuk para wisatawan/pendaki yang masih berada di dalam Kawasan Gunung Rinjani. “TNGR meminta wisatawan untuk tetap tenang dan berada di tempatnya hingga tim evakuasi datang untuk membantu keluar melalui jalur yang aman,” kata Sutopo.

Sebelumnya BNPB merilis jumlah pendaki yang terjebak di Gunung Rinjani berjumlah 689 orang. (Baca Juga: 689 Pendaki Masih Terjebak di Gunung Rinjani)

Daftar Warga Negara Asing Pendaki Gunung Rinjani
Pascagempa Minggu pagi kemarin, aktivitas sekolah di Lombok berjalan normal. Begitu juga aktivitas Gunung Rinjani dan Gunung Agung dilaporkan normal. Bandara Internasional Lombok dan Ngurah Rai Bali juga normal.

PLN memastikan pasokan listrik Jawa Bali tetap aman pascagempa, untuk Lombok Timur masih mengalami pemadaman. Namun jaringan komunikasi tetap normal. Untuk pendakian Gunung Rinjani saat ini ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. 
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak