Pimpinan Baru PT KAI Daop 4 Inspeksi Jalur cepu-Brumbung

Rabu, 25 Juli 2018 - 13:50 WIB
Pimpinan Baru PT KAI Daop 4 Inspeksi Jalur cepu-Brumbung
Pimpinan Baru PT KAI Daop 4 Inspeksi Jalur cepu-Brumbung
A A A
SEMARANG - Kepala Daerah Operasi (Kadaop) 4 Semarang yang baru, Yosita bersama jajaran managernya, melakukan kegiatan inspeksi kondisi prasarana maupun sarana jalur kereta api di wilayah Stasiun Cepu hingga Stasiun Brumbung, Rabu (25/7/2018). Pemantauan kondisi lintas jalur KA ini dilakukan dengan menggunakan kendaraan "Dresin" ( kendaraan khusus inspeksi jalur rel).

Di lintas jalur rel sepanjang 125,263 km yang terbentang dari Stasiun Cepu - Stasiun Brumbung tersebut, terdapat 16 stasiun yang termasuk dalam wilayah kerja PT KAI Daop 4 Semarang. Secara total terdapat 44 stasiun yang masuk dalam wilayah kerja PT KAI Daop 4 Semarang.

Adapun yang menjadi objek pemeriksan, di antaranya kebersihan fasilitas layanan penumpang di stasiun, kondisi jalur rel serta jembatan, kondisi dipo lok dan kehandalan sistem persinyalan. Faktor keselamatan, ketepatan waktu, peningkatan pelayanan dan peningkatan jumlah penumpang merupakan program kerja yang menjadi fokus dari Yosita ketika mulai debutnya di PT KAI Daop 4 Semarang ini.

"Diharapkan dengan disiplin para personelnya, dan ditunjang oleh kehandalan dari sistem keamanan baik di jalur rel hingga sistem persinyalan, keselamatan perjalanan kereta api yang melintas di wilayah ini, bisa terjamin keselamatan dan kelancarannya," ujar Yosita di sela-sela kegiatan inspeksi lintas Cepu - Brumbung.

Tercatat ada 48 perjalanan kereta api yang melintas di wilayah Cepu - Brumbung setiap harinya. 48 perjalanan kereta api tersebut terdiri dari 20 perjalanan KA penumpang dan 28 perjalanan KA barang. Menurut Yosita, dengan peningkatan pelayanan kepada para pengguna jasa kereta api yang terus membaik, diharapkan pengguna jasa layanan kereta api dapat terus meningkat dari tahun ke tahun.

Tercatat tren peningkatan jumlah penumpang di wilayah Daop 4 Semarang bisa dilihat dari statistik jumlah penumpang pada 2016 mencapai 5.064.000 penumpang. Lalu pada 2017, jumlahnya meningkat 15% menjadi 5.808.033 penumpang. Dan pada 2018 ini, ditargetkan jumlah penumpangnya bisa mencapai 6.031.457 penumpang

"Kita berharap agar transportasi perkeretaapian khususnya di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang dapat menjadi tulang punggung transportasi bagi masyarakat Jawa Tengah bagian Pantura ini," imbuh Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0374 seconds (0.1#10.140)