Bandung Masih Dilanda Hujan Deras, Belasan Titik Rawan Banjir

Senin, 19 Februari 2024 - 16:50 WIB
loading...
Bandung Masih Dilanda Hujan Deras, Belasan Titik Rawan Banjir
Hujan deras yang berpotensi menyebabkan banjir diprediksi masih melanda Kota Bandung pada puncak musim hujan ini. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - Potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi pada rentang waktu antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kota Bandung, Jawa Barat. Dampaknya belasan titik rawan banjir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang serta bencana hidrometeorologi masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.



Berdasarkan analisis data iklim BMKG, sekitar lebih dari 55% wilayah Zona Musim Indonesia diprediksikan memasuki puncak musim hujan pada periode bulan Januari-Februari 2024.



Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat agar waspada dan siap siaga terhadap cuaca ekstrem dan bencana hidrometeorologi yang masih mengancam sebagian besar wilayah Indonesia hingga Februari 2024.

“Cuaca ekstrem ini dapat terjadi selama periode puncak musim hujan pada bulan Januari dan Februari. Potensi hujan lebat hingga sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi masih memiliki peluang yang tinggi terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia," kata Dwikorita Dwikorita di Gedung Sate Bandung, belum lama ini.

Sebelumnya, dalam sepekan terakhir, sejumlah wilayah di Bandung Raya diguyur hujan dengan intensitas cukup tinggi. Akibatnya, beberapa daerah pun diterjang banjir.



Seperti yang terjadi di wilayah Cibaduyut Kecamatan Bojongloa Kidul, tepatnya di daerah stopan Cibaduyut arah lingkar selatan pada Sabtu (17/2/2024). Akibatnya, sejumlah kendaraan roda dua berhenti di tengah jalan karena tidak bisa melewati arus banjir yang ada didepannya.

Peristiwa itu pun menjadi sorotan warga. Tak sedikit warga yang meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk segera mengatasi masalah banjir langganan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, saat ini, sedikitnya ada 12 titik rawan banjir di Kota Bandung.

Lima titik di antaranya berpotensi terjadi banjir dengan ketinggian hingga di atas 60 centimeter, seperti di Margahayu, Cibaduyut, Pasirkoja, Leuwipanjang, dan Gedebage.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1801 seconds (0.1#10.140)