Satgas TMMD Berikan Penyuluhan Kesehatan Pulau Terluar Indonesia

Jum'at, 20 Juli 2018 - 17:28 WIB
Satgas TMMD Berikan Penyuluhan Kesehatan Pulau Terluar Indonesia
Satgas TMMD Berikan Penyuluhan Kesehatan Pulau Terluar Indonesia
A A A
NATUNA - Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102 Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat pulau terluar Indonesia.

Kegiatan penyuluhan ini bagian dari kegiatan Satgas TMMD 102 di Desa Sabang Mawang dan Desa Tanjungbatan, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (20/7/2018).

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna Kapten Inf Bambang langsung membuka kegiatan penyuluhan tentang kesehatan imunisasi di pulau terluar Indonesia.

Dalam kegiatan ini, Yofhi Bachtiar selaku Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Pulau Tiga ditunjuk sebagai narasumber penyuluhan kesehatan tentang imunisasi.
Bambang menyampaikan penyuluhan imunisasi diberikan untuk perlindungan dan kekebalan ke dalam tubuh anak. "Upaya tersebut adalah pencegahan terhadap penyakit atau gangguan kesehatan," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya.

Bambang menuturkan, penyuluhan ini sangat penting untuk menurunkan bahkan memberantas kematian, khususnya pada bayi akibat tetanus, campak, TBC, dipteri, dan hepatitis.

Apalagi masyarakat yang tinggal berada di pulau terluar Indonesia. Maka sangat dibutuhkan kesadaran orang dewasa, khususnya orangtua bayi. "Untuk membawa bayinya pada sarana pelayanan kesehatan terdekat, misalnya posyandu agar memperoleh imunisasi yang lengkap bagi bayinya," kata dia.

Seperti diketahui, Satgas TMMD 102 Natuna membuka akses jalan Desa Sabang Mawang ke desa Tanjungbatan, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natunas, Kepulauan Riau. Sebanyak 167 personel gabungan dengan gigih menbuka jalan bagi masyarakat pulau terluar Indonesia.

Pengerjaan semenisasi jalan yang dilakukan Satgas TMMD ke 102 Natuna terus di laksanakan dengan penuh semangat, dengan kekuatan jumlah personel 167 org dengan rincian TNI AD 80 personel, TNI AL 10 personel, TNI AU 10 personel, Polri 10 personel dan dibantu nasyarakat sebanyak 32 orang serta KKN 25 orang TMMD ke 102 wilayah Kodim 0318/Natuna siap buka akses jalan desa.

Bambang menyampaikan, pengerjaan semenisasi yang dilaksanakan dengan semangat gotong royong sudah delapan hari berjalan setelah dibuka Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal tanggal 10 Juli 2018. Pengerjaan semenisasi jalan penghubung antar desa sudah mencapai 40 puluh persen dan diharapkan dapat selesai tepat watu.

"Selama satu bulan akan membanguna 437 meter jalan dengan lebar 5 meter, selain itu, Satgas TMMD juga membangun drainase dengan ukuran panjang 8 meter lebar 1.80 meter," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3899 seconds (0.1#10.140)