Kawal Suara Pemilu 2024, Perindo Sulsel Selenggarakan Bimtek dan Pembekalan Saksi

Jum'at, 09 Februari 2024 - 22:45 WIB
loading...
Kawal Suara Pemilu 2024, Perindo Sulsel Selenggarakan Bimtek dan Pembekalan Saksi
Bimtek dan pelatihan bagi saksi Partai Perindo yang nantinya bertugas di TPS saat pencoblosan Pemilu 2024 diselengarakan DPW Partai Perindo Sulsel. Foto/iNews TV/Yoel Yusvin
A A A
MAKASSAR - Bimbingan teknis (Bimtek) dan pelatihan bagi saksi Partai Perindo yang nantinya bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) saat pencoblosan Pemilu 2024 diselengarakan DPW Partai Perindo Sulawesi Selatan (Sulsel).

Diharapkan dengan bimtek dan pelatihan, seluruh saksi dapat mengamankan suara Partai Perindo dan mengantisipasi terjadinya kecurangan.



Kegiatan bersama DPD Partai Perindo Kota Makassar ini diselenggarakan di Kantor DPW Partai Perindo Sulsel di Makassar, Kamis (8/2/2024).



Bimbingan teknis dan pelatihan ini agar seluruh saksi dapat memahami tugas dalam mengawal dan mengamankan suara Partai Perindo di setiap TPS.

Instruktur saksi sangat penting mengingat saksi peserta pemilu merupakan saksi dari partai politik atau peserta pemilu yang mendapat mandat tertulis dari tim kampanye atau pasangan calon yang diusulkan.

Ketua DPW Partai Perindo Sulsel yang juga Caleg DPRD Sulsel dapil 1 Makassar B, Sanusi Ramadhan mengatakan bahwa seluruh saksi dipastikan telah memahami fungsi dan tugasnya lewat Bimtek dan pelatihan.


Sehingga saat hari pencoblosan pada 14 Februari 2024 nanti tidak ditemukan adanya kendala.

Adapun peran saksi Pemilu di antaranya memastikan hak-hak peserta pemilu tidak dilanggar oleh penyelenggara dan pengawas pemilu.

Selain itu memastikan hasil perolehan suara peserta Pemilu, melakukan pengawasan langsung terhadap proses pemungutan suara dan penghitungan suara di tingkat TPS dan mencegah terjadinya manipulasi dan penggelembungan suara.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1182 seconds (0.1#10.140)