alexametrics

Pangkoarmada I Pimpin Panen Raya Budidaya Ikan

loading...
Pangkoarmada I Pimpin Panen Raya Budidaya Ikan
Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono didampingi Danlanyamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno memanen budidaya ikan air tawar binaan Lanal Batam di Kampung Sungai Bulu Sembulang, Batam, Provinsi Kepri. Foto/Dok Penlantamal IV
A+ A-
BATAM - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono memimpin panen raya budidaya ikan air tawar binaan Lanal Batam di Kampung Sungai Bulu Sembulang, Batam, Provinsi Kepri pada Kamis (29/6/2018). Panen raya ini dalam rangka pembinaan potensi maritim yang dilaksanakan secara serentak oleh jajaran Dispotmar Koarmada I Tahun 2018.

Pangkoarmada I Yudo menjelaskan, dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, menyebutkan, tugas TNI AL di masa damai yaitu melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Sebagai implementasi tugas tersebut, maka Dispotmar Koarmada I dan jajarannya melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim (Binpotmar).Kegiatan Binpotmar Tahun 2018 dilaksanakan dalam bentuk kegiatan fisik berupa pelatihan pertanian dan pengolahan rumput laut, pelepasan benih penyu/tukik dan bersih-bersih pantai serta sungai yang secara serentak dilaksanakan dibeberapa pangkalan di wilayah kerja Koarmada I.
Budidaya ikan yang digagas Lantamal IV serta Lanal Batam tersebut terdiri dari budidaya ikan lele, ikan mas serta ikan gurame. Dimana awal mulanya Lanal Batam bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam untuk menekan terjadinya inflasi daerah.

"Maka dibentuklah Asosiasi Peternak Ikan Air Tawar (Asperikat). Dimana Asperikat murni diinisiasi oleh Lanal Batam dalam rangka mengendalikan pengolahan dan pemasaran ikan air tawar. Komoditi ikan air tawar yang sempat terjadi inflasi, saat ini berkat adanya Asperikat sangat berkontribusi dalam rangka menekan inflasi serta bisa melakukan intervensi terhadap daya beli masyarakat," kata dia.



Pelaksanaan panen raya digelar secara serentak di seluruh 5 Lantamal dan 19 Lanal jajaran Koarmada I. Dalam rangka kegiatan panen raya tersebut, Pangkoarmada I juga melaksanakan Video conference (Vicon) dengan Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lanal Nias, Lanal Bandung serta Lanal Cirebon yang secara bersama-sama juga melaksanakan panen raya budi daya ikan.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak