alexametrics

KPU Jabar Akui Data Hitung Cepat Sempat Tak Bergerak

loading...
KPU Jabar Akui Data Hitung Cepat Sempat Tak Bergerak
Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
BANDUNG - Sebuah kabar yang menyebutkan server Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat sempat down pascapemungutan suara Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 tersebar melalui aplikasi WhatsApp, Kamis (28/6/2018).

Diduga, down-nya server tersebut akibat serangan hacker secara masif hingga server mengalami overload. Dalam kabar yang menyebar tersebut, disebutkan pula bahwa kasus ini mirip dengan kasus serupa yang terjadi di Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu.

Dalam kabar itu juga disebutkan, berdasarkan data akurat di lapangan dari seluruh tempat pemungutan suara (TPS), pasangan calon (paslon) gubernur-wakil gubernur Jabar Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) menang.



Dimintai tanggapannya, Kepala Bagian Hukum, Teknis, dan Hubungan Masyarakat KPU Jabar Teppy Darmawan mengakui, Website KPU Jabar itu memang sempat mogok, khususnya dalam tampilan daftar hasil penghitungan suara cepat Pilkada 2018.

"Dari kemarin (Rabu, 27/6/2018) memang data tidak maju-maju, apakah di-hack atau tidak, atau hal lain, kami juga belum tahu jelas alasannya. (Kondisi) itu mulai saya lihat sekitar pukul 9-10 WIB (21.00-22.00 WIB)," ungkap Teppy melalui telepon selulernya, Kamis (28/6/2018).

Diketahui, berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) pemungutan suara Pilgub Jabar 2018 yang digelar sejumlah lembaga survei dan disiarkan langsung sejumlah televisi nasional, paslon Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) unggul tipis dari pesaingnya Asyik.

Tipisnya margin antara Rindu dan Asyik memunculkan mosi tidak percaya dari pasangan Asyik dan tim pemenangannya terhadap hasil quick count tersebut. Terlebih, sebelum quick count digelar, hasil survei sejumlah lembaga survei tersebut juga berbanding jauh dengan hasil quick count-nya karena hasil survei mereka selalu menempatkan pasangan Asyik di posisi papan bawah. (Baca juga: Hasil Survei Bulan Juni, 4 Lembaga Survei Menangkan Rindu).
(zik)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak