Wisata Ranu Regulo Ditutup Total Imbas Cuaca Buruk

Jum'at, 02 Februari 2024 - 22:34 WIB
loading...
Wisata Ranu Regulo Ditutup Total Imbas Cuaca Buruk
Wisata Ranu Regulo di Kabupaten Lumajang dipastikan ditutup karena kondisi cuaca tak bersahabat. Foto/Ist
A A A
LUMAJANG - Wisata Ranu Regulo di Kabupaten Lumajang dipastikan ditutup karena kondisi cuaca tak bersahabat . Penutupan dilakukan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), melalui Surat Pemberitahuan dengan Nomor PG.1/T.8/BIDTEK/KSA.5.1/Î’/02/2024.

Kepala BB-TNBTS Hendro Widjanarko menyatakan, penutupan Wisata Ranu Regulo didasarkan pada cuaca buruk, berupa hujan lebat, disertai angin kencang yang kerap menerjang kawasan ini. Hal itu berimbas pada ancaman pohon tumbang yang dapat mengancam keselamatan pengunjung.

“Maka kegiatan kunjungan dan berkemah di Area Camping Ground Ranu Regulo, ditutup secara total mulai tanggal 5 Februari 2024 sampai dengan pemberitahuan berikutnya," ucap Hendro Widjanarko, melalui keterangan tertulisnya, pada Jumat malam (2/2/2024).



Hendro mengatakan, selama penutupan tidak ada aktivitas wisata kunjungan dan berkemah. Penutupan ini juga untuk pemulihan ekosistem Ranu Regulo.

"Untuk menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa beserta ekosistemnya," katanya

Apalagi kawasan Ranu Regulo menjadi salah satu destinasi spot wisata di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Hendro menambahkan, selama ini Wisata Ranu Regulo kerap menjadi destinasi wisata. Tak kurang 115 wisatawan setiap hari yang berkunjung dan berkemah di Ranu Regulo, yang berada di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.



Di mana spot wisata ini juga diterapkan tiket berbeda dari kawasan TNBTS. "Setiap harinya dikunjungi 115 wisatawan, kalau untuk HTM-nya Rp19.000 untuk hari kerja, dan Rp24.000 di hari libur atau weekend," tandasnya.

Sebagai informasi, kawasan Wisata Ranu Regulo merupakan danau layaknya Danau Ranu Kumbolo uang telah viral pasca adanya film layar lebar. Ranu Regulo merupakan satu dari beberapa danau di kawasan TNBTS, selain Danau Ranu Pani dan Danau Ranu Kumbolo.

Lokasinya berada di Desa Rani Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. TNBTS sendiri merupakan taman nasional yang pintu masuknya dapat dilalui melalui empat kabupaten, yakni Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, dan Kabupaten Lumajang.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1176 seconds (0.1#10.140)