Penampakan Keindahan Danau Ranu Gumbolo Tulungagung Berganti Rumput Gajah

Minggu, 10 Desember 2023 - 14:13 WIB
loading...
Penampakan Keindahan Danau Ranu Gumbolo Tulungagung Berganti Rumput Gajah
Danau Ranu Gumbolo di Desa Bantengan, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur telah mongering berganti rumput gajah. Foto/MPI/Solichan Arif
A A A
TULUNGAGUNG - Keindahan air danau yang menjadi “jualan” wisata alam Ranu Gumbolo di Desa Bantengan, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur telah mengering. Namun, Kawasan wisata ini tetap diserbu masyarakat.

Saat ini para wisatawan ranu gumbolo hanya bisa menikmati pemandangan hamparan rumput gajah, batu-batu kali, dinding bukit yang berkontur tidak rata, dan sisa air sungai yang mengalir menuju waduk Wonorejo.

“Mengeringnya air danau ranu gumbolo sudah berlangsung sekitar empat bulanan,” kata Trimanto, salah seorang petugas pengelola wisata ranu gumbolo Tulungagung, Minggu (10/12/2023).



Lenyapnya air danau membuat keindahan ranu gumbolo terasa kurang lengkap. Termasuk pemandangan permainan wahana air, yakni biasanya berlangsung di tengah danau, tidak lagi terlihat.

Kendati demikian, hal itu tidak sepenuhnya menyurutkan langkah para wisatawan untuk datang. Ranu gumbolo tetap menjadi alternatif penyuka wisata alam saat bertandang ke Tulungagung.

Para wisatawan, kata Trimanto tetap berdatangan, yakni biasanya pada pagi dan sore hari.

“Meski jumlahnya tidak sebanyak dulu, tetap ada saja yang datang,” tutur Trimanto yang juga mengurusi parkir kendaraan wisatawan.



Pada hari biasa, jumlah wisatawan yang datang rata-rata 50-70 orang per hari. Sebagian besar adalah rombongan kaum muda berusia milenial. Beberapa di antaranya camping, yakni menginap dengan mendirikan tenda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1403 seconds (0.1#10.140)