Sokong Ekonomi Nasional, Alam Ganjar Ajak Anak Muda Surabaya Jadi Pengusaha

Jum'at, 02 Februari 2024 - 21:52 WIB
loading...
Sokong Ekonomi Nasional, Alam Ganjar Ajak Anak Muda Surabaya Jadi Pengusaha
Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengatakan, wirausaha memegang peranan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengatakan, wirausaha memegang peranan penting dalam menyokong pertumbuhan ekonomi nasional. Data Global Enterpreneurship Index (GEI) menunjukkan bahwa negara maju memiliki jumlah wirausaha rata-rata 14% dari jumlah penduduknya.

Sayangnya, jumlah wirausahawan Indonesia terendah di Asia Tenggara. Jumlah wirausahawan Indonesia hanya 3,1% atau lebih rendah dari Singapura (8,76%), Malaysia (5%), dan Thailand (4,26%).

Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan rendahnya angka wirausaha yakni pola pikir masyarakat untuk lebih mencari pekerjaan. Selain itu, rendahnya kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku wirausaha, dan kendala mengakses modal.



"Perlu ada tindakan afirmasi untuk mendistribusikan akses permodalan supaya lebih berorientasi pada masyarakat dan lebih aksesibel,” kata Alam dalam acara Bongkar Rahasia Merintis Usaha Sukses di Igor's Pastry Surabaya, Jawa Timur, Jumat (2/2/2024).

Hadir juga para Owner dari 7Star Resto Azzaryan Pradhitya, Igor's Pastry Innico Sjahandi dan Ketua HIPMI Surabaya Denny Yan Rustanto. Alam merupakan pendiri sekaligus CEO Pigmy eSports, sebuah team eSports yang mengusung konsep sociopreneur dengan memberdayakan masyarakat lokal Jawa Tengah.

Selain itu, lanjut Alam, regulasi yang belum mampu mengatasi persoalan menghambat perkembangan dunia wirausaha.

"Kemudian soal wawasan, bagaimana perlu adanya mentoring dan beberapa fasilitas di mana teman-teman bisa memperoleh informasi seputar bisnis," tuturnya.



Oleh karenanya, Alam berharap kegiatan ini menjadi salah satu sarana bagaimana masyarakat khususnya generasi muda bisa membuka mata dan mau memulai berwirausaha.

“Harapannya melalui kegiatan ini bisa menjadi salah satu akses membuka wawasan anak muda untuk berani menjadi pengusaha agar jumlah pengusaha di Indonesia semakin meningkat,” tandasnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)