Polda Jateng Resmikan Monumen Patung Jenderal Hoegeng Iman Santoso, Ini Penampakannya

Jum'at, 02 Februari 2024 - 13:49 WIB
loading...
Polda Jateng Resmikan Monumen Patung Jenderal Hoegeng Iman Santoso, Ini Penampakannya
Monumen Jenderal Hoegeng Iman Santoso di Mapolda Jateng diresmikan, Jumat (2/2/2024). Foto: MPI/Eka Setiawan
A A A
SEMARANG - Markas Polda Jateng memiliki monumen baru. Monumen itu adalah Patung J enderal Polisi Hoegeng Iman Santoso, mantan Kapolri yang dikenal dengan kesederhanaan dan kejujurannya.

Patung Jenderal Hoegeng itu diresmikan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi Wakapolda Jateng Brigjen Pol Agus Suryonugroho, pejabat utama (PJU) Polda Jateng dan kapolres jajaran, Jumat (2/2/2024).

“Berdirinya monumen di Polda Jateng ini, jadi kita punya ikon kebanggaan di 2 tempat. Ini menandakan spirit Pak Hoegeng Iman Santoso ini tertanam di hati personel Polri, khususnya di Polda Jateng,” kata Irjen Luthfi.



Patung Jenderal Hoegeng di Mapolda Jateng itu menghadap ke Jalan Pahlawan, Kota Semarang. Pada November 2023, monumen serupa diresmikan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Stadion Hoegeng Kota Pekalongan.

Kapolda menyebut bahwa sosok Hoegeng Iman Santoso tidak hanya menjadi ikon polisi, namun juga ikon masyarakat karena nilai-nilai kejujuran, keberanian dan kesederhanaan yang dimilikinya.

“Bahkan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid mengatakan bahwa di Indonesia itu ada 3 polisi jujur, yaitu Pak Hoegeng, polisi tidur dan patung polisi,” sambung Kapolda.



Dirinya turut berharap dengan berdirinya monumen tersebut menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi seluruh personil Polri khususnya di Polda Jateng untuk meneladani sosok Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santoso.

“Dalam sosok Pak Hoegeng terkandung nilai kejujuran, keberanian kesederhanaan, dan sebagainya. Ini adalah inspirasi yang harus kita bangkitkan di kita semuanya dan diharapkan memberikan motivasi memunculkan Hogeng-Hoegeng yang lain,” harap Kapolda.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto menjelaskan Patung Hoegeng Iman Santoso di Mapolda Jateng memiliki tinggi 9 meter, berdiri di tumpuan setinggi 4 meter. Sedangkan tinggi tumpuan ke lantai adalah 1 meter.

Sehingga secara total, tinggi patung Jenderal Hoegeng adalah 14 meter. “Patung Hoegeng yang dibuat setinggi 14meter itu punya makna tersendiri. Itu menunjukkan tanggal kelahiran Jenderal Hoegeng yakni 14 Oktober dan wafat tanggal 14 Juli,” pungkasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)