Ribuan Kyai dan Guru Ngaji se-Priangan Timur Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud di Garut

Kamis, 01 Februari 2024 - 17:30 WIB
loading...
Ribuan Kyai dan Guru Ngaji se-Priangan Timur Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud di Garut
Wakil Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), menghadiri serta menjadi pembicara dalam kegiatan Halaqoh dan Deklarasi Paguyuban Kyai dan Guru Ngaji se-Priangan Timur di Kabupaten Garut, Kamis (1/2/2024). Foto/Fani F/MPI
A A A
GARUT - Dukungan untuk pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD terus mengalir. Kali ini deklarasi dukungan diberikan Paguyuban Kyai dan Guru Ngaji se-Priangan Timur yang dilakukan di Kabupaten Garut.

Kegiatan bernama Halaqoh dan Deklarasi itu setidaknya diikuti oleh 1.200 kyai dan guru ngaji. Sekretaris Paguyuban Kyai dan Guru Ngaji se-Priangan Timur, Deni Ranggajaya, mengatakan kegiatan tersebut murni swadaya para ulama, guru ngaji, dan masyarakat.

"Kegiatan ini swadaya masyarakat, bukan dari program dari TPN, TPD, atau TPC pasangan capres cawapres. Ini adalah swadaya masyarakat yang menginginkan bahwa para kiai dan guru ngaji diharapkan ke depan Pak Ganjar Mahfud bisa memimpin," kata Deni Ranggajaya, Kamis (1/2/2024).

Menurutnya, para ulama hingga masyarakat yang tergabung dalam Paguyuban Kyai dan Guru Ngaji se-Priangan Timur memiliki satu persepsi yang sama dalam Pilpres 2024. Mereka menilai, pasangan calon nomor urut 3 merupakan pasangan yang paling pas dalam menyelesaikan masalah bangsa.



"Jadi jangan ada asumsi ini program TPN, TPD, TPC. Justru kita membantu beliau-beliau sebagai tim pemenangan. Adapun TPN dalam kegiatan ini kami undang," ujarnya.

Melalui deklarasi itu, ribuan ulama ini berharap pasangan Ganjar-Mahfud dapat memperhatikan nasib dan kesejahteraan para guru ngaji. Minimal, kata dia, guru ngaji disamaratakan dengan guru honorer secara formal.

"Sampai hari ini tidak ada perhatian dari pemerintah. Padahal sama-sama mengajar, sama sama dalam bidang umat, yang kita bina bukan jin, tapi manusia. Sama juga, jangan menganggap kiai sebagai manusia malaikat. Kita sama sebagai manusia," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB), mengapresiasi dukungan yang diberikan ribuan kyai dan guru ngaji dari Priangan Timur tersebut.

"Lebih dari 1.200 kiai dan guru ngaji se-Priangan timur menyampaikan dukungan dari hati dengan penuh ketulusan, keihklasan, penuh keyakinan kepada pasangan nomor urut 3. Tentu berdasarkan penalaran pada beliau-beliau semua sampai pada keyakinan bahwa dari tiga calon pasangan tersebut, pasangan nomor urut 3 adalah pasangan yang dibutuhkan Indonesia ke depannya," kata TGB saat menghadiri Halaqoh dan Deklarasi tersebut.

TGB menyatakan kegiatan ini memberikan energi yang luar biasa. Dirinya berharap, semangat dukungan tersebut akan mengalir dan menginspirasi sejumlah pesantren di daerah lain.

"Ini merupakan energi yang luar biasa. Inshaallah akan mengalir ke mana-mana, akan menginspirasi juga pesantren-pesantren yang lain, di daerah daerah yang lain semakin menyuarakan dukungan pada pasangan nomor urut 3," ungkapnya.

Adapun ribuan kyai serta guru ngaji yang hadir dalam agenda Halaqoh dan Deklarasi itu setidaknya berasal dari Garut, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, Kuningan, dan beberapa daerah lain.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2345 seconds (0.1#10.140)