10 Mahasiswa ITB Gunakan Pinjol Danacita, Rektorat: Tak Ada yang Nunggak

Rabu, 31 Januari 2024 - 19:51 WIB
loading...
10 Mahasiswa ITB Gunakan Pinjol Danacita, Rektorat: Tak Ada yang Nunggak
Rektorat ITB menyatakan sebanyak 10 mahasiswa menggunakan lembaga pembiayaan atau pinjol Danacita untuk membayar biaya kuliah. Foto/MPI/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan sebanyak 10 mahasiswa menggunakan lembaga pembiayaan atau pinjaman online (pinjol) Danacita untuk membayar biaya kuliah.

Sampai saat ini, tidak ada mahasiswa yang menunggak cicilan pinjaman dana pendidikan itu.



Wakil Rektor Bidang Keuangan Perencanaan dan Pengembangan ITB Prof Muhammad Abduh mengatakan, dari 10 mahasiswa, mayoritas yang meminjam dana ke Danacita adalah pascasarjana atau starta 2 (S2).

"Yang meminjam tidak banyak hanya 10 orang. Itu lebih banyak mahasiswa pascasarjana bukan sarjana (S1)," kata Prof Muhammad Abduh didampingi Direktur Keuangan ITB Anas Ma'ruf, dan pelaksana harian (Plh) Sekretaris Institut Taufik Hidayat dalam konferensi pers di Gedung Annex Rektorat ITB, Rabu (31/1/2024).



Prof Muhammad Abduh menyatakan pasar pinjaman online (pinjol) dari lembaga pembiayaan Danacita karena terdapat pasar mahasiswa yang membutuhkan.

Jadi bukan khusus untuk mahasiswa atau orang tua yang memiliki permasalahan ekonomi. Pembiayaan menggunakan Danacita bersifat pilihan, bukan utama.



"Dengan kerja sama, kami lebih yakin dibandingkan mereka (mahasiswa) meminjam pinjaman online ilegal di luar sana. Melalui Danacita, mahasiswa yang akan meminjam diverifikasi oleh ITB," ujar Prof Muhammad Abduh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1425 seconds (0.1#10.140)