Polda DIY Segera Terapkan E-Tilang Pelanggar Lalu Lintas

loading...
Polda DIY Segera Terapkan E-Tilang Pelanggar Lalu Lintas
Personel Ditlantas Polda DIY saat melakukan sosialisasi sistem tilang elektronik (e-tilang) atau elektrinic traffic law enforcment (elte) di titik nol Malioboro, Yogyakarta, Rabu (12/8/2020). Foto/SINDOnews/Priyo Set
YOGYAKARTA - Polda DIY mensosialisasikan penerapkan sistem tilang elektronik (e-tilang) atau elektronic traffic law enforcment (Elte) bagi pelanggar lalu lintas di titik nol kilometer, Yogyakarta, Rabu (12/8/2020).

Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar direncanakan akan melaunching sistem Elte, Kamis (13/8/2020).

Dirlantas Polda DIY Kombes Pol I Made Prasetya mengatakan, elte merupakan transformasi penegakkan hukum bidang lalu lintas berbasis elektronik.

Pelanggar lalu lintas secara otomoatis akan tercapture dan langsung terkoneksi dengan RTMC Ditlantas Polda DIY. Oleh petugas akan memverifikasi jenis pelanggaran tersebut.



Setelah itu, dalam waktu tiga hari tim verifikasi akan mengirimkan surat konfirmasi ke alamat pelanggar yang tercapture sesuai dengan kendaraannya.

Pelanggar diberi waktu lima hari untuk mengkonfirmasi surat itu. Untuk konfirmasi bisa melalui website atau datang langsung ke Ditlantas Polda DIY.

Setelah lima hari diberikan kode BRIVA (BRI virtual accaunt) dan harus menyelesaikan pembayaran jenis pelanggaran dalam waktu tujuh hari ke BRI terdekat. Kalau selama 15 hari tidak melakukan konfirmasi,maka STNK akan diblokir.



“Itulah mekanisme penerapan sistem Elte ini,” kata Made di sela-sela sosialiasi Elte di titik Nol Kilometer, Yogyakarta, Rabu (12/8/2020).
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top