Kisah Sri Isanatunggawijaya, Perempuan Cantik Penguasa Pertama di Jawa Timur

Selasa, 23 Januari 2024 - 07:08 WIB
loading...
Kisah Sri Isanatunggawijaya, Perempuan Cantik Penguasa Pertama di Jawa Timur
Sri Isanatunggawijaya anak Mpu Sindok Raja Mataram era Jawa Timur kuno. Foto/Ilustrasi
A A A
Mpu Sindok Raja Mataram era Jawa Timur konon memiliki anak perempuan yang sangat cantik. Anak perempuan bernama Sri Isanatunggawijaya ini konon pernah memerintah atau berkuasa dengan suaminya Sri Lokapala.

Kecantikan anak Mpu Sindok ini digambarkan dalam Prasasti Pucangan. Di prasasti tersebut dijelaskan bagaimana sang anak perempuan Mpu Sindok memiliki kecantikan luar biasa, dan kesucian hatinya.

Bahkan digambarkan sang anak perempuan ini bagaikan angsa betina yang bersayap yang tinggal di Danau Manasa yang permai, nan indah, yang senantiasa amat dicintai oleh raja sekalian rakyatnya.



Dikutip dari “Sejarah Nasional Indonesia II: Zaman Kuno” Sri Isanatunggawijaya ini pernah memerintah sebagai raja perempuan pertama di Jawa Timur, dengan nama Sri Isānatunggawijaya.

Dia memerintah Kerajaan Mataram era Jawa Timur bersama suaminya Sri Lokapala, yang terkenal bijaksana, memesonakan, dan termasyhur, karena kesucian budinya.

Mereka berputra Sri Makutawangsawarddhana, putra wangsa Isyana, amat masyhur karena keberaniannya.

Ia dilahirkan untuk menjadi permata dunia; dan karena jiwanya selalu tertuju kepada kesejahteraan semua makhluk, ia menjadikan dunia ini aman dan makmur, dan bagaikan Wişņu yang berkilauan tiada taranya ia menghancurkan gajah musuh-musuhnya.

Ia mempunyai anak perempuan yang amat cantik, yang merupakan kebahagiaan Pulau Jawa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5107 seconds (0.1#10.140)