Baru Diresmikan Gubernur DIY, Jembatan Bobung Terancam Ambrol

Senin, 22 Januari 2024 - 12:15 WIB
loading...
Baru Diresmikan Gubernur DIY, Jembatan Bobung Terancam Ambrol
Jembatan Bobung di Patuk, Gunungkidul, DIY yang diresmikan oleh Gubernur DIY pada Kamis (18/1/2024) lalu kondisinya kini retak dari atas hingga dasar jembatan. Foto/MPI/Erfan Erlin
A A A
GUNUNGKIDUL - Jembatan Bobung di ruas jalan baru Ngalang-Tawang yang berada di dusun Bobung, Kalurahan Putat, Kapanewon Patuk, Gunungkidul, DIY retak akibat hujan deras beberapa hari terakhir. Padahal, jembatan ini baru diresmikan Gubernur DIY, Kamis (18/1/2024) lalu.

Kini jembatan yang berada di Jalan Baru Sleman - Gunungkidul tepatnya ruas Tawang - Ngalang terancam putus. Jembatan Bobung mulai retak-retak mulai dari atas hingga dasar jembatan. Munculnya retakan jembatan tersebut kian memanjang.



Dari pantauan di lapangan, kerusakan terjadi pada talud yang berada di sisi barat dan selatan jembatan. Badan utama jalan di sisi barat dan selatan sudah turun dan aspalnya mengelupas.

Talud yang terlihat turun dari permukaan awal, dan terdapat retakan di sisi tersebut dari atas hingga dasar jembatan.



Agar kerusakan tidak semakin parah dan tidak membahayakan pengguna jalan, maka sejumlah relawan memutuskan menutup ruas Dusun Kepil hingga Bobung sejak Minggu (21/1/2024) sore. Semua jenis kendaraan dilarang melintas.

Salah satu warga, Slamet, ketika ditemui di lokasi mengatakan retakan talud jembatan tersebut sudah terlihat hujan di awal yang berlangsung selama 2 hari berturut-turut. Warga tidak begitu memperdulikannya karena mungkin hanya peesoalan sepele.



"Ya awalnya hanya kami anggap sepele. Retak kecil biasalah, "terang dia, Senin pagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8969 seconds (0.1#10.140)