Ribuan Warga Ikuti Jalan Sehat Mubeng Beteng Relawan Ganjar-Mahfud di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

Minggu, 21 Januari 2024 - 09:41 WIB
loading...
Ribuan Warga Ikuti Jalan Sehat Mubeng Beteng Relawan Ganjar-Mahfud di Alun-Alun Kidul Yogyakarta
Ribuan warga mengikuti kegiatan jalan sehat bertajuk Mubeng Beteng yang diselenggarakan oleh relawan Ganjar-Mahfud di Alun-alun Kidul Yogyakarta. Foto/Erfan Erlin/MPI
A A A
YOGYAKARTA - Hujan deras yang mengguyur Kota Yogyakarta sejak Sabtu malam hingga pagi Minggu (21/1/2024) tidak menyurutkan semangat warga DIY untuk mengikuti kegiatan 'Mubeng Beteng' yang diselenggarakan oleh relawan Ganjar-Mahfud di Alun-alun Kidul kompleks Keraton Yogyakarta.

Para relawan Ganjar-Mahfud terkejut dengan antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini. Awalnya, mereka khawatir bahwa hujan yang masih turun dapat meredam semangat peserta.

"Jujur, kami tidak menyangka kalau pesertanya bakal sebanyak ini. Sampai kami kewalahan," ungkap Koordinator Acara, Widihasto Wasana Putra.

Antusiasme yang meluap membuat panitia kewalahan mengatur ribuan peserta. Meskipun demikian, hal ini justru semakin memotivasi para relawan untuk bekerja tanpa pamrih, dengan tujuan lebih besar daripada sekadar memenangkan pasangan calon presiden Ganjar-Mahfud pada Pemilihan Presiden yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.



Jalan sehat awalnya diikuti oleh sekitar 5.000 peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di DIY dan perwakilan dari kotakota sekitar seperti Purworejo, Magelang, Semarang, Klaten, Solo, Wonogiri, Bandung, dan Jakarta. Namun, ternyata jumlah peserta yang mendaftar di lokasi mencapai sekitar 2.000 orang.

"Tadi yang mendaftar di lokasi ada sekitar 2.000 orang," tambahnya.

Mubeng Beteng dimulai pukul 07.00 dengan rute start dari Alun-Alun Selatan - Gading - Jokteng Wetan - Gondomanan - Titik Nol - Ngabean - Jokteng Kulon - Gading - dan finish kembali di Alun-Alun Selatan. Peserta yang beruntung akan mendapatkan doorprize berupa berbagai jenis Rojo Koyo atau hewan ternak.

Doorprize tersebut mencakup 3 ekor sapi, 30 ekor kambing, 3 ekor kalkun, 30 ekor mentog, 30 ekor bebek, 30 ekor ayam jago, serta puluhan kilogram ikan nila, bawal, lele, dan patin. Rojo Koyo dijadikan doorprize sebagai bentuk penyemangat bagi peserta.

Widi menegaskan bahwa doorprize Rojo Koyo diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kecil di Indonesia, termasuk peternak, petani, buruh, nelayan, pedagang pasar, guru, dan pekerja sektor informal lainnya.

"Ini jalan sehat rakyat, untuk kemenangan Ganjar-Mahfud," ujarnya.

Acara Mubeng Beteng diawali dengan penampilan kelompok Gamelan On The Road dan kelompok pinguin. Pengibaran bendera start dilakukan oleh Ketua Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid, diiringi oleh satu korp musik bregada rakyat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)