Gunung Marapi Kembali Erupsi, Rentetan Dentuman dan Lava Pijar Teramati

Minggu, 21 Januari 2024 - 06:44 WIB
loading...
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Rentetan Dentuman dan Lava Pijar Teramati
Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, kembali mengalami erupsi pada pagi ini, Minggu (21/1/2024). Foto/
A A A
AGAM - Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, kembali mengalami erupsi pada pagi ini, Minggu (21/1/2024).

Bedasarkan informasi dari Pengamat Gunung Api di Bukittinggi erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 18.4 mm dan durasi ± 44 detik. Namun tinggi kolom tidak teramati.

"Iya tadi terdengar gluduk-gluguk seperti rentetan dentuman dari puncak gunung api," kata Wandi Eka Putra salah satu Kelompok Siaga Bencana, di Posko III di Bukit Batabuah, Kabupaten Agama.



Sementara itu, secara kasat mata memang tidak nampak lava pijar yang keluar dari semburan Gunung Marapi, namun dari foto dengan malai telefoto dengan kecepatan rendah mendapatkan momen tersebut.

Posko ini didirikan oleh pemerintah setempat dan beberapa petugas gabungan selalu siaga. Berdasarkan data dari pos ini ada 106 jiwa atau 27 kk yang berada di radius 4,6 dalam kondisi resiko tinggi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1309 seconds (0.1#10.140)