Pangdam II/Sriwijaya Siap Angkat Derajat Orang Rimba

Jum'at, 27 April 2018 - 03:58 WIB
Pangdam II/Sriwijaya Siap Angkat Derajat Orang Rimba
Pangdam II/Sriwijaya Siap Angkat Derajat Orang Rimba
A A A
SAROLANGUN - Bupati Sarolangun Cek Endra bersama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto mengunjungi kawasan terpadu mandiri yang nantinya dijadikan kawasan Suku Anak Dalam atau Orang Rimba di Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Di kawasan terpadu seluas 10 hektare ini bakal dibangun fasilitas seperti permukiman SAD, sekolah, balai pertemuan, pustu, MCK, dan UPTD Suku Anak Dalam. Nantinya akan ditempati enam kelompok atau tumenggung.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto mengatakan bahwa dirinya merasa tersentuh masih ada warga yang hidup berpindah dan jauh dari perhatian.

"Pertama saya kunjungi di sini, begitu tersentuh melihat masih ada keluarga kita yang hidup berpindah. Dengan sekuat tenaga saya dan bupati Sarolangun mengusulkan agar ada satu kawasan terpadu,yang bisa menjadi sentral kegiatan mereka, sehingga mereka bisa hidup menetap dan juga bisa bercocok tanam," jelasnya, Kamis (26/4/2018).

Menurutnya, semua tumenggung yang berada di Kecamatan Air Hitam sudah sepakat dengan dibangunnya satu kawasan terpadu mandiri.
"Mereka setuju, dan kita buktikan bahwa pemerintah juga memerhatikan mereka. Ini kawasan terpadu mandiri ada seluas 10 Ha dan masih terus dibangun," katanya.

Bupati Sarolangun Cek Endra menjelaskan bahwa dengan dibangunnya kawasan terpadu mandiri, pola pembinaan seperti pendidikan, kesehatan, dan juga pertanian akan lebih mudah dilakukan.

"Tujuan kita murni untuk memanusiakan manusia. Mereka adalah warga negara Indonesia dan berhak hidup setara dengan masyarakat umum lainya," tandasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5393 seconds (0.1#10.140)