PDIP Rekomendasikan 3 Nama di Sintang, Bengkayang dan Sambas

Selasa, 11 Agustus 2020 - 14:46 WIB
loading...
PDIP Rekomendasikan 3 Nama di Sintang, Bengkayang dan Sambas
Tiga paslon yang diusung PDIP pada Pilkada serentak di Kalimantan Barat. Foto/iNewsTV/Faisal Abubakar
A A A
KUBU RAYA - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) kembali mengumumkan nama-nama pasangan calon (paslon) kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada serentak 2020, Selasa (11/8/2020).

Pada pengumuman tahap ketiga ini, DPP PDIP mengumumkan sebanyak 75 paslon. Dari 75 paslon yang diumumkan, tiga di antaranya merupakan pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada serentak di Kalimantan Barat. Ketiga daerah itu, yakni Kabupaten Sintang, Bengkayang dan Sambas. (Baca juga: Termasuk Bobby-Aulia di Pilwalkot Medan, Ini 75 Paslon Usungan PDIP di Pilkada 2020 )

Untuk Kabupaten Sintang, PDIP mengusung kader sendiri untuk maju sebagai calon bupati. Adalah Yohanes Rumpak, Anggota DPRD Kalbar periode 2019-2024 yang diusung maju dengan didampingi birokrat Pemerintah Kabupaten Sintang Syarifuddin. (Baca juga: Calon Tunggal Pilkada Meningkat Tajam, PAN Usulkan Syarat Pencalonan Tak Dipersulit )

Di Kabupaten Bengkayang, PDIP juga memercayakan kader partai untuk mencalonkan diri. Martinus Kajot, eks Ketua DPRD Bengkayang sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Bengkayang ditunjuk Megawati Soekarnoputri sebagai calon bupati. Martinus akan didampingi mantan Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang dr Carlos Dja'afara sebagai calon wakil bupati.

Berbeda dengan Sintang dan Bengkayang, di Kabupaten Sambas PDIP memilih mengusung kader partainya sebagai calon wakil bupati. Darso, Anggota DPRD Kalbar dari fraksi PDIP diberi kepercayaan untuk mendampingi calon bupati berlatar belakang akademisi sekaligus eks Rektor Universitas Muhammadiyah Pontianak, Dr Helman Fachri.

Ketua DPD PDIP Kalimantan Barat Lasarus yang dihubungi lewat sambungan telepon usai pengumuman paslon kepala daerah meminta kepada seluruh calon bupati dan wakil bupati untuk tidak meremehkan lawan tandingnya di Pilkada 2020. Dia juga meminta paslon kepala daerah untuk membayar rekomendasi itu dengan kerja keras memenangkan kontestasi Pilkada.

Lasarus mengatakan, pengumuman tiga nama paslon kepala daerah pada hari ini melengkapi tujuh nama yang diusung PDIP pada Pilkada serentak di Kalbar. Dari tujuh daerah tersebut, Lasarus menargetkan kemenangan 100 persen bagi seluruh pasangan calon yang direkomendasikan PDIP.

"Semua daerah saya kira berat, ya. Makanya semua calon harus kerja keras dan tidak menganggap remeh siapapun di tujuh daerah itu. Kami PDIP targetnya menang semua. Menang kalahnya bergantung sejauh mana nilai jual kader, kerja-kerja yang dilakukan partai, kerja tim pemenangan, dan konsolidasi kader dan partai pengusung," pungkas dia.

Pengumuman nama-nama yang direkomendasikan untuk maju sebagai paslon kepala daerah pada Pilkada 2020 ini dibacakan secara virtual oleh Ketua DPP PDIP Bidang Politik dan Keamanan Puan Maharani. Berbeda dengan pengumuman tahap pertama, karena diumumkan di tengah pandemi COVID-19, maka kali ini DPP PDI Perjuangan tidak mengundang paslon untuk mendengar langsung pengumuman tersebut di Kantor DPP. Sebagai gantinya, para paslon diminta hadir di Kantor DPD PDI Perjuangan di daerahnya masing-masing dan mendengarkan pengumuman tersebut bersama para pengurus DPD dan DPC yang melaksanakan Pilkada.
(nth)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)