Ini Harapan Mantan Kapolda Sumsel Zulkarnain Adinegara, Caleg DPR dari Partai Perindo

Sabtu, 13 Januari 2024 - 08:21 WIB
loading...
Ini Harapan Mantan Kapolda Sumsel Zulkarnain Adinegara, Caleg DPR dari Partai Perindo
Mantan Kapolda Sumsel (2017-2019) Zulkarnain Adinegara. Foto/MPI/Alvin Alhaviz
A A A
PALEMBANG - Mantan Kapolda Sumsel (2017-2019) Zulkarnain Adinegara resmi bergabung dengan Partai Perindo. Kini, purnawirawan Polri tersebut merupakan Caleg DPR RI dari Dapil II Sumatera Selatan.

Pria asal OKU Timur ini terjun ke politik untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat di Dapil II Sumsel yang meliputi Kabupaten Ogan Ilir, OKI, Prabumulih, Pali, Lahat, Pagaralam, Empatlawang, OKU, OKU Selatan dan Timur.

”Harapan saya jika masyarakat mempercayai saya untuk menjadi wakil mereka di DPR, nantinya saya akan perjuangkan aspirasi mereka agar mereka bisa sejahtera sebagai warga negara Indonesia dari bagian Sumsel,” kata caleg nomor urut satu ini.



Zulkarnain menilai masyarakat Sumsel harus jeli memilih calon wakilnya di DPR. Sebab, terlalu banyak caleg untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, namun mereka belum tentu berkualitas ataupun bisa mewakili aspirasi masyarakat.

Untuk itu pria kelahiran Desa Tanah Merah Belitang, Kabupaten Oku Timur ini merupakan sosok pria yang siap bertarung membawa perubahan bagi masyarakat.

Dilihat latar belakangnya Zulkarnain dikenal sosok pria ramah, cerdas, pandai bergaul dan selalu tampil sederhana.

Menyemat pendidikan sejak usia dini di Sekolah SD di SMP Xaverius Mojosari Belitang dan SMP Xaverius Gumawang Belitang dan SMA Xaverius Bangau Palembang. Waktu tamat SMA masuk Fakultas Kedokteran Unsri.



”Tapi belum sempat kuliah saya masuk juga Akpol. Allhamdulilah tamat Akpol Semarang tahun 1985 dan dinas kuliling Indonesia. Pernah dinas di Bondowoso, Banyuwangi, Jember, Jakarta, Medan, Aceh, Maluku Utara dan Sumatera Selatan,” ungkapnya.

Zulkarnain pernah bertugas penjaga perdamaian dunia di Muzambique (1994-1995) dan di Kroasia saat perang Yugoslavia (1997-1998). Tak sampai di situ Zulkarnain ini juga memiliki pengalaman kepemimpinan dengan segudang prestasi.

Bahkan dia dikenal amanah dalam mengemban tanggung jawab, di antaranya Kapolda Sumsel (2017-2019), Kapolres OKI (2002-2003) dan Kapolres Muara Enim (2003-2005) dan saat ini menjadi Komisaris di IDS (Indonesian Defance Services).

IDS merupakan perusahaan bergerak dibidang maintanance pesawat udara dan Direktur Utama perusahaan sawit di Kalimantan Timur PT. Nusa Lestari. Atas dasar itulah pantas bagi seorang Zulkarnain bertekad bulat maju untuk membawa perubahan di tanah kelahirannya.

“Bismillah, pertama-tama niat saya maju sebagai wakil rakyat Provinsi Sumatera Selatan ini berangkat dari persoalan tanggung jawab moral untuk berbuat banyak terhadap masyarakat,” ungkapnya.

Zulkarnain menyebutkan niat ini tentunya tak luput dari dukungan masyarakat selain doa restu keluarga dan para sahabat. “Alhamdulillah dukungan banyak berdatangan, bekal support masyarakat, terutama sahabat-sahabat pemuda yang terus mendoakan saya,” ujarnya.

Bagi seorang Zulkarnain, terjun ke politik bukan hanya sekedar tampil sebagai Calon Legislatif saja. Ia berkeinginan bisa langgeng dalam percaturan politik dan berkontribusi dalam pembangunan di wilayh tercinta tanah kelahirannya.

Menurutnya, fungsi DPR sudah jelas, pertama legislasi, berkaitan dengan pembentukan peraturan, terus anggaran, kewenangan dalam hal anggaran terakhir pengawasan, kewenangan mengontrol pelaksanaan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah.

“Jika fungsi ini terjalankan dengan baik, pastilah DPR selalu memperjuangkan hak hak masyarakat. Untuk itu saya ikut mencalonkan diri, mohon doa, dukungan dan pilihannya kepada warga masyarakat.

Zulkarnain mengatakan bahwasanya tekad dirinya apabila mendapat amanah dari rakyat sebagai anggota DPR provinsi periode 2024-2029, agar selalu bisa mengabdi di masyarakat selaku pemberi amanah dan dapat selalu bermanfaat bagi orang banyak.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)