Dapat Bibit Alpukat, Ratusan Petani Apresiasi Relawan Ganjar-Mahfud

Senin, 01 Januari 2024 - 09:18 WIB
loading...
Dapat Bibit Alpukat, Ratusan Petani Apresiasi Relawan Ganjar-Mahfud
Nelayan Balad Ganjar dan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar membagikan bibit pohon alpukat kepada ratusan warga di wilayah pesisir Kabupaten Sukabumi, Minggu (31/12/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SUKABUMI - Relawan Nelayan Balad Ganjar dan Wanita Nelayan Sadulur Ganjar membagikan bibit pohon alpukat kepada
ratusan warga di wilayah pesisir Kabupaten Sukabumi. Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pendapatan warga yang memang berprofesi sebagai petani maupun nelayan yang sedang mengalami paceklik hasil tangkapan ikan di laut.

“Masyarakat di sini kebanyakan petani. Ada yang menanam cengkeh, durian, alpukat, ada yang tanam pisang. Di sini petani pesisir. Sekarang, diberikan bibit alpukat,” kata Korda Nelayan Balad Ganjar Kabupaten Sukabumi Kozek, Minggu (31/12/2023).

Warga merasa senang lantaran bibit yang diberikan merupakan jenis alpukat miki. Yakni salah satu jenis alpukat dengan keunggulan hasil produk lebih banyak dibandingkan jenis alpukat lokal.

Kozek menyebutkan produktivitas dari setiap batang pohon alpukat miki yang sudah dewasa bisa berbuah 2-3 kali dalam setahun dengan hasil panen mencapai 225 kilogram per tahunnya. “Kalau alpukat (yang pada umumnya) di sini, alpukat lokal. Sedangkan, kalau yang sekarang dibagikan (jenis) alpukat bagus, harganya mahal. Itu yang buat masyarakat jadi kompak di sini,” lanjutnya.

Selain itu, antusiasme warga di Desa Gunung Karamat Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi juga karena faktor dukungan terhadap paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD . Keduanya ini memiliki kedekatan serta kepedulian terhadap rakyat kecil, khususnya kaum petani dan nelayan seperti mereka.

“Dukungan buat Pak Ganjar di sini alhamdulillah sudah kompak. Karena, kalau masyarakat di pinggiran begini kalau sudah ada simpati kepada masyarakat, maka sudah kompak (mendukung),” lanjut Kozek memastikan warga siap memenangkan Ganjar-Mahfud.

Suparja, salah seorang petani menyampaikan apresiasinya terhadap para sukarelawan Nelayan Balad Ganjar atas bantuannya kali ini. “Saya merasa berterima kasih atas nama petani pesisir sudah ada bantuan dari relawan, tim pemenangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD,” ujarnya.

Menurutnya, kepedulian para relawan itu merepresentasikan kepedulian pasangan Ganjar-Mahfud sebagai calon pemimpin negara yang sesuai dengan harapan para petani dan nelayan di Indonesia. “Kalau menurut saya, Pak Ganjar itu sudah sosok yang layak menjadi figur kepemimpinan di Republik Indonesia ini. Karena, melihat dari figurnya saja sudah kelihatan. Ada sosialisasinya sama masyarakat kecil, masih peduli,” tuturnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2472 seconds (0.1#10.140)