Kisah Ambisi Raja Kertanegara Bikin Kas Keuangan Kerajaan Singasari Menipis

Sabtu, 30 Desember 2023 - 07:24 WIB
loading...
Kisah Ambisi Raja Kertanegara Bikin Kas Keuangan Kerajaan Singasari Menipis
Potret Raja Kerajaan Singasari Kertanegara versi AI. Foto/IG @Ainusantara
A A A
Ambisi Kertanegara membuat kas Kerajaan Singasari terkuras banyak. Bagaimana tidak keinginannya untuk menguasai seluruh nusantara membuat Kertanegara ambisius menguasai beberapa wilayah di luar Pulau Jawa.

Manuver politik dan ekspansi wilayah pun menjadi pilihan untuk memenuhi ambisi itu. Tapi karena manuver-manuver politik itulah membuat keadaan internal kerajaan dan istana memanas. Sebab muncul beberapa friksi antar kelompok yang juga melakukan manuver-manuver politik.

Di sisi lain, program politik Cakrawala Mandala yang diterapkan oleh Kertanegara banyak mengeluarkan dana, sehingga menguras kas kerajaan dan menyebabkan kehidupan ekonomi dalam negeri Singasari mulai redup.



Akan tetapi, karakter politik Raja Kertanegara yang memang berambisi menjadi pemimpin Nusantara tidak bisa dikendalikan begitu saja.

Setelah mengirimkan ekspedisi ke Bali pada tahun 1284 Masehi, kekuatan Singasari kembali dikirim dipimpin oleh Mahamentri Mpu Brahmaadnyawa ke daerah Melayu Dharmasraya.

Sebagaimana dikutip dari "Runtuhnya Kerajaan Hindu Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara", dari sejarawan Prof. Slamet Muljana.

Pengiriman pasukan ini adalah yang kedua kalinya, dimana pengiriman pasukan yang pertama pada tahun 1275 oleh Senopati Kebo Anabrang belum bisa menundukkan kerajaan ini dengan sepenuhnya.

Pengiriman ekspedisi yang kedua ini sebenarnya lebih banyak dimaksudkan untuk menuntaskan pendudukan Dharmasraya, sambil juga memberi penghargaan kepada Raja Tribuawanaraja Mauliwarmadewa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)