Besok, Jokowi Bakal Tinjau Dimulainya Uji Klinis Vaksin COVID-19

Senin, 10 Agustus 2020 - 15:34 WIB
loading...
Besok, Jokowi Bakal Tinjau Dimulainya Uji Klinis Vaksin COVID-19
Presiden RI Joko Widodo direncanakan bakal meninjau secara langsung dimulainya proses uji klinis vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BANDUNG - Presiden RI Joko Widodo direncanakan bakal meninjau secara langsung dimulainya proses uji klinis vaksin COVID-19 di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unpad, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020). Kedatangan Jokowi dipastikan setelah hari ini Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Pendidikan Unpad, Jalan Eijkman Kota Bandung, Senin (10/8/2020).

Kunjungan dilakukan untuk memastikan kesiapan ruang uji klinis vaksin Covid-19 fase III yang akan perdana dilaksanakan pada Selasa (11/8) besok. Dalam siaran persnya, Terawan memastikan proses perdana penyuntikan vaksin ke sejumlah relawan berjalan dengan baik. “Yang terpenting, proses uji vaksin perdana besok harus sesuai protokol kesehatan. Mengingat besok akan ada Presiden yang langsung meninjau,” kata Menkes Terawan.

Terkait proses penyuntikan vaksin asal Sinovach, Tiongkok, tersebut, Dekan FK Unpad Setiawan memastikan bahwa ruang uji vaksin yang berada di lantai 2 gedung RSP Unpad sudah dilakukan sterilisasi. “Ruang sudah dilakukan disinfeksi sesuai dengan ketentuan,” kata Setiawan. (Baca: Uji Vaksin Corona Asal China, Jokowi: BUMN Siap Produksi 100 Juta Dosis/Tahun)

Selain itu, pihaknya juga memastikan kondisi kesehatan para tenaga kesehatan maupun subyek uji klinis besok. Semuanya, kata Setiawan, sudah dilakukan tes PCR. Mereka yang hasilnya negatif bisa mengikuti uji klinis perdana vaksin Covid-19 besok.

“Catatannya, uji klinis ini sebetulnya relatif aman karena seluruh petugas dan subyek dites dulu. Jadi semuanya negatif. Jadi kondisi ruangan untuk uji klinis jauh lebih aman dibandingkan kondisi seperti biasa. Karena sudah ada penapisan lebih awal,” ujar Setiawan.

Ditemui usai mendampingi Menkes Terawan, Rektor Unpad Rina Pudjiastuti menjelaskan, proses uji klinis vaksin Covid-19 kerja sama Unpad dengan Bio Farma ini merupakan aktivitas strategis. Uji klinis ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk segera mengakhiri pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Karena itu, Pak Menkes ingin memastikan apakah penyuntikan perdana itu akan bisa berjalan baik. Beliau juga melihat bagaimana kapasitas Unpad untuk bisa mengerjakan riset dan inovasi lainnya,” terang Rektor. (Baca: Uji Klinis Vaksin COVID-19 Dibagi 2 Imunogenitas dan Efikasi )

Bagi Unpad, uji klinis vaksin Covid-19 merupakan salah satu momentum untuk mengembangkan sejumlah riset dan inovasi lainnya. “Pak Menkes akan support hal tersebut,” kata Rektor.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1459 seconds (0.1#10.140)