Kakorlantas Bangga Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Kalbar

Jum'at, 02 Maret 2018 - 15:16 WIB
Kakorlantas Bangga Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Kalbar
Kakorlantas Bangga Ada Kampung Tertib Lalu Lintas di Kalbar
A A A
JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengunjungi Kampung Tertib Lalu Lintas (KTL) di Jalan Tabrani Ahmad, Kompleks Ari Karya Indah IX, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis 1 Februari 2018. Kedatangan jenderal bintang dua bersama rombongan ini disambung hangat dan antusias oleh warga dan tokoh masyarakat.

Kunjungan Kakorlantas dilakukan seusai dari Mapolda Kalimantan Barat meresmikan ruang Safety Riding dan Safety Driving, Ditlantas Polda Kalbar. Kakorlantas juga memberikan arahan kepada jajaran Ditlantas Polda Kalbar.

Perlu diketahui, Kampung Tertib Lalu Lintas merupakan kampung pertama di Indonesia yang diresmikan September 2017. Beberapa fasilitas penunjang seperti taman baca dengan buku berisikan wawasan tertib lalu lintas, meja belajar, ruang baca, dan lain-lain.

Terciptanya kampung tertib berlalu lintas ini berkat partisipasi penuh pihak masyarakat setempat. Kebahagiaan Kakorlantas ketika hadir dengan melihat langsung kampung tertib tersebut tak dapat ditutupi.

"Kampung ini memberikan contoh bahwa kesadaran tertib berlalu lintas muncul dari dalam diri sendiri. Memakai helm pun penting tanpa diperintah bukan karena undang-undang tapi karena kesadaran," ucap Royke.

Kakorlantas menganggap kampung tertib lalu lintas yang diciptakan ini luar biasa. Dia berharap semoga ada kampung-kampung lain di Pontianak yang mempelopori kampung seperti ini. "Dan saya pikir bukan hanya tertib lalu lintas tetapi tertib yang lain seperti tertib sosial," tegasnya.

Kampung ini sebut Kakorlantas sebagai pelopor cikal bakal untuk kampung-kampung yang ada di Pontianak menjadi tertib gara-gara Kampung Ari Karya IX. "Saya doakan semoga keselamatan di Pontianak, Kalimantan Barat, khususnya di kampung ini sangat tinggi dan dimulai dari anak anak sejak lahir," pungkasnya.

Lebih jauh dia menjelaskan kecelakaan lalu lintas hingga mengakibatkan korban meninggal dunia di Indonesia setiap satu jamnya merenggut 3 nyawa. "Satu jam dari Sabang sampai Marauke korban meninggal sebanyak 3 orang," jelas Kakorlantas.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5093 seconds (0.1#10.140)