Banjir di Rokan Hulu Riau Meluas, 2.644 Rumah Warga Terendam

Rabu, 27 Desember 2023 - 18:41 WIB
loading...
Banjir di Rokan Hulu Riau Meluas, 2.644 Rumah Warga Terendam
Sebanyak 2.644 rumah warga di Kabupaten Rokan Hulu, Riau terendam banjir. Foto/Banda Haruddin Tanjung/MPI
A A A
ROKAN HULU - Banjir di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau meluas. Hingga hari ini, Rabu (27/12/2023) terdata sebanyak 2.644 rumah warga di Kabupaten Rokan Hulu terendam banjir.

Kepala Pelaksana BPBD Rohul Zuljandri Rossa mencatat banjir tersebar di enam kecamatan dengan puluhan desa. Ketinggian air dari 50 centimeter hingga 250 centimeter.

Enam wilayah yang terendam itu adalah Kecamatan Rambah, Kecamatan Rokan IV Koto, Kecamatan Tambusai, Kecamatan Rambah Hilir, Kecamatan Bonai Darussalam dan Kecamatan Kunto Darussalam

"Untuk keadaan banjir di Kecamatan Rambah sudah berlangsung selama dua hari. Kalau total yang terendam itu ada 6 kecamatan, ungkap Zuljandri Rossa di lokasi banjir yang ada di Kelurahan Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah. Total rumah yang terdampak banjir sebanyak 2.644," ucapnya Rabu (27/12/2023).



Sejauh ini, pihak BPBD beserta TNI dan Polri berupaya dalam melakukan langkah evakuasi bagi warga yang terdampak banjir. Pada hari pertama sendiri terdata ada 500 KK yang terdampak

“Kami juga sudah menyiapkan tim evakuasi yang bekerja sama dengan TNI dan Polri. Jika nanti ada warga yang ingin di evakuasi. Kami juga telah mendirikan tenda pengungsian untuk warga,” tukasnya.

Sementara itu, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Kopda Kurni Suhadi menghimbau warga agar tetap waspada. Selain rumah, banjir juga menggenangi sejumlah fasilitas umum seperti sekolah dan rumah ibadah.

“Kitamenghimbau warga agar tetap waspada, jika air mengalami peningkatan. Untuk Korban jiwa sementara ini nihil,” tuturnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.5047 seconds (0.1#10.140)