Kisah Sekolah Putri Katolik Cor Jesu, Saksi Perjuangan Mempertahankan Malang dari Belanda dan Sekutu

Rabu, 27 Desember 2023 - 12:57 WIB
loading...
Kisah Sekolah Putri Katolik Cor Jesu, Saksi Perjuangan Mempertahankan Malang dari Belanda dan Sekutu
Bangunan sekolah dan asrama Cor Jesu jadi saksi perjuangan arek-arek mempertahankan Malang dari penjajah Belanda dan Sekutu. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
BANGUNAN sekolah putri tertua di Malang, Jawa Timur terpaksa dibakar oleh tentara pribumi karena takut kembali dikuasai oleh penjajah Belanda. Saat itu memang Belanda membonceng tentara sekutu datang kembali ke Indonesia pasca proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Nyaris seluruh wilayah di Indonesia kembali harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan, tak terkecuali di Kota Malang. Bangunan sekolah Cor Jesu yang didirikan oleh suster Belanda pun tak luput dari pemusnahan yang dikenal dengan peristiwa Malang Bumi Hangus ini.



Lucia Anggraini, salah satu suster senior di Cor Jesu menyebutkan, peristiwa itu terjadi pada Agresi Militer I Belanda di tahun 1947. Saat itu ia sudah berada di sekolah yang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Malang, dan melihat bagaimana detik-detik sebelum sekolah dibakar oleh para pejuang arek-arek Malang.

"Sudah dikasih tahu oleh pejuang, bahwa sekolah ini akan dibakar agar tidak dijadikan markas dan pos tentara Belanda dan sekutu. Jadi bangunan sekolah dan asrama ini sudah dikosongkan, murid-murid dan para suster diungsikan ke kapel," ucap Lucia Anggraini, ditemui MPI.

Pada malam hari tanggal 30 Juli 1947 itu kata Lucia, anak-anak dan para suster tidak dapat tidur. Mereka disebut Lucia hanya dapat duduk-duduk dan berdoa di dalam kapel atau Gereja Cor Jesu dengan perasaan cemas dan takut.

"Apalagi di seluruh bangunan sekolah ini beberapa hari sebelumnya sudah tercium bau minyak tanah dimana-mana, jadi antara sedih dan dilema, kita sudah merdeka tapi masih berusaha dijajah lagi, benda peninggalan ini mau dihancurkan," jelasnya.



Tak berselang lama, akhirnya bangunan sekolah Cor Jesu dibumihanguskan oleh arek-arek Malang. Mereka membakar hangus bangunan sepanjang 130 meter.

Ia menyaksikan bagaimana api menjalar-jalar memenuhi seisi bangunan sekolah dan asrama. Api kian kencang karena saat itu musim kemarau memang tengah terjadi, sehingga kondisi udara kian kering.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3270 seconds (0.1#10.140)