Selamat! Jansen Manansang, Founder TSI Dinobatkan Jadi Father of Wildlife Conservation

Selasa, 26 Desember 2023 - 12:51 WIB
loading...
Selamat! Jansen Manansang, Founder TSI Dinobatkan Jadi Father of Wildlife Conservation
Founder TSI Jansen Manansang saat menerima tropi dari Coordinator MORE Nasional, Ir Jacobus Wibowo. Foto/Ist
A A A
BOGOR - Dedikasi besar Founder Taman Safari Indonesia (TSI) , Jansen Manansang membuahkan hasil nyata. MORE (Messenger Of Revival) menobatkan Jansen Manansang sebagai Father of Wildlife Conservation atau Bapak Konservasi Lingkungan Hidup Indonesia. Penganugerahan ini dilaksanakan secara simbolis pada Jumat (15/12/2023) di Hall Gandaria City Jakarta Selatan, tepatnya saat MORE memperingati ulang tahun ke-25.

“Tentu saya mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian MORE. Penghargaan ini adalah hasil kerja keras bersama, tim kami di Taman Safari Bogor. Khususnya dalam program konservasi satwa,” ungkap Jansen Manansang usai menerima penghargaan dari MORE, Senin (25/12/2023).

Jansen mengatakan, beberapa program konservasi satwa penting yang telah ia lakukan bersama Tim Life and Science (LS) Taman Safari Bogor di antaranya breeding satwa-satwa yang kini masuk dalam perlindungan Undang-Undang dan masuk kategori rawan kepunahan seperti Elang Jawa, Harimau Sumatera, Komodo hingga Badak Sumatera.

“Kami juga telah membangun bank sperma beberapa satwa yang dilindungi agar terjaga kelestariannya, salah satunya Harimau Sumatera. Sekali lagi, penghargaan ini akan menjadi motivasi saya dan tim Taman Safari Indonesia untuk terus konsisten merawat dan menjaga satwa-satwa dari kepunahan,” tandas Jansen.



Seperti diketahui, sejak 36 tahun berdiri, Taman Safari Bogor bukan saja menjadi wahana rekreasi bagi keluarga dari berbagai daerah di Indonesia. Eksistensi paling utama Taman Safari Bogor adalah menjadi pilar edukasi serta konservasi alam dan satwa untuk menjaga keseimbangan kehidupan pegunungan, khususnya Gunung Gede Pangrango.

Taman Safari Bogor juga telah sukses menjadi percontohan dan primadona wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas. Langkah strategis Jansen Manansang Cs dengan berkolaborasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta beragam unsur pecinta alam dan civitas akademika juga telah melahirkan lompatan-lompatan penyelamatan satwa dengan membuat konsep konservasi berbasis exsitu.

Acara yang dikemas dalam nuansa Natal 2023 tersebut, dalam sessi "Moment Of Appreciation", MORE menganugerahkan penghargaan gelar "Father atau Bapak’ bagi beberapa tokoh dunia kerja yang dinilai telah memberi inspirasi dan pengaruh di bidang mereka di dunia kerja. Tokoh-tokoh tersebut di antaranya:

1. Drs. Jansen Manansang., Msc
Sebagai Father of Wildlife Conservation karena dinilai sukses melakukan gebrakan konservasi satwa di Indonesia.

2. Lo Kheng Hong
Sebagai Father of Stock Investment atau Bapak bidang investasi saham karena dinilai sukses memberi inspirasi bagi generasi muda untuk melek ivestasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1271 seconds (0.1#10.140)