Arus Lalin Menuju Wisata Gunung Bromo Sempat Padat, Polda Jatim: Titik Kemacetan Terparah

Senin, 25 Desember 2023 - 18:01 WIB
loading...
Arus Lalin Menuju Wisata Gunung Bromo Sempat Padat, Polda Jatim: Titik Kemacetan Terparah
Wisata Gunung Bromo jadi favorit wisatawan selama libur natal. Foto/Avirista Midaada/MPI
A A A
KOTA BATU - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Timur (Jatim) Kombes Pol Komarudin menyebut, kepadatan lalu lintas sempat terjadi di beberapa objek wisata di Jatim, salah satunya menuju kawasan Wisata Gunung Bromo . Tampak dari pantauan sepanjang hari Minggu kemarin akses masuk Gunung Bromo mulai dari Kabupaten Pasuruan, Probolinggo, hingga Malang, mengalami kemacetan parah.

"Wilayah Jawa Timur secara keseluruhan, kemarin, yang terjadi titik kemacetan terparah atau cukup padat adalah mulai dari Pasuruan, Probolinggo, Kabupaten Malang yang akan mengarah ke objek wisata Bromo," ucap Kombes Pol Komarudin, saat memantau lalu lintas di Kota Batu, pada Senin sore (25/12/2023).

Kemacetan di sana terjadi karena keterbatasan akses kantong parkir yang tak seimbang dengan jumlah kendaraan yang masuk. Apalagi informasi yang didapat dari pengelola wisata, tiket wisata terjual habis sehingga membuat potensi kepadatan lalin terjadi.

"Sementara antusias masyarakat cukup besar. Informasi yang kami dapat dari pengelola juga tiket yang terjual habis. Artinya dengan kapasitas yang ada, tentunya menjadi potensi kepadatan," ungkap dia.



Kepadatan lalu lintas juga terjadi di wisata Taman Safari Pasuruan, maupun kawasan sekitar Magetan, yang memiliki objek wisata, seperti Telaga Sarangan hingga Mojosemi Forest Park. Titik kepadatan lalu lintas juga terjadi di wilayah Malang raya, tepatnya selepas pintu keluar Tol Singosari Malang, menuju Simpang Empat Karanglo.

"Yang mengarah Malang Raya, kemarin terjadi sumbatan akses keluar Tol Singosari, melalui Simpang Karanglo. Dimana kami harus melakukan berbagai rekayasa, mulai pengalihan ke Malang Kota, penutupan buka tutup akses jalan tol, agar aktivitas transportasi tetap berjalan," terangnya.

Khusus untuk wilayah Malang raya, Komarudin menyebut ada sekitar 100 ribu kendaraan yang melintasi. Dimana ada ada 15 titik kemacetan lalu lintas yang terpantau dan menjadi perhatian kepolisian. Apalagi wilayah Malang dan Kota Batu menjadi destinasi ketiga nasional yang dikunjungi wisatawan.

"Per kemarin, tercatat di angka 35.800 artinya belum penuh secara keseluruhan. Kemudian, tingkat kepadatan, tercatat berada di atas pukul 12.00 WIB. Ini memang waktu pengunjung yang silih berganti datang ke Kota Batu - Malang," tukasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2989 seconds (0.1#10.140)