Perebutan Takhta Sultan Demak setelah Pati Unus Wafat

Minggu, 24 Desember 2023 - 08:28 WIB
loading...
A A A
Sementara, Sultan Trenggana berniat merebut monopoli dagang rempah-rempah di kepulauan Maluku dari tangan orang - orang Portugis, yang telah berhasil membangun gudang - gudang di berbagai tempat sejak tahun 1527 demi pemborongan dan penyimpanan hasil bumi rempah-rempah.

Sunan Prawoto dalam waktu lima tahun, menyelesaikan seribu kapal jung besar yang masing-masing dapat memuat 400 orang prajurit. Suatu produksi yang boleh dibanggakan. Siang malam tukang kayu di galangan kapal Semarang bekerja keras membanting tulang.

Pada tahun 1546, armada Demak bergerak ke jurusan timur menuju Kepulauan Maluku, tetapi pada waktu itu, Tung Ka Lo atau Sultan Trenggono yang merupakan Sultan Demak ketiga, konon yang ikut serta dalam armada mendadak wafat. Muk Ming naik takhta kesultanan Demak sebagai penggantinya, karena ia adalah putra sulung.

Sultan Trenggana meninggalkan dua orang putra dan empat orang putri. Putra yang pertama perempuan, kawin dengan Pangeran Langgar; putra yang kedua laki-laki, yakni Sunan Prawata alias Muk Ming, putra yang ketiga perempuan, kawin dengan Pangeran Kalinyamat, putra yang keempat perempuan, kawin dengan Pangeran Cirebon, putra yang kelima perempuan lagi, kawin dengan Jaka Tingkir, putra yang keenam adalah laki- laki, yakni Pangeran Timur alias Toh A Bo.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1613 seconds (0.1#10.140)