Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue

Rabu, 21 Februari 2018 - 08:47 WIB
Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue
Sinabung Meletus, PKPU Human Initiative Terjunkan Tim Rescue
A A A
KARO - PKPU Human Initiative menerjunkan Tim Rescue dalam merespons meletusnya Gunung Sinabung pada Senin 19 Februari 2018. Sejumlah relawan diterjunkan untuk membantu masyarakat membersihkan akibat debu vulkanik khususnya di sekitar Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Koordinator Tim Rescue PKPU Human Initiative Fakhri Akhfal mengatakn, saat ini kebutuhan yang diperlukan masyarakat adalah masker, obat-obatan dan alat pembersih debu di lapangan seperti cangkul, selang air, dan sebagainya. “Selain bersih-bersih, kami juga membagikan masker gratis kepada masyarakat,” katanya, Rabu (21/2/2018).

Saat ini sebagian wiayah Kabupaten Karo tertutup kabut tebal serta hujan abu. Menurut PVMBG, beberapa kecamatan terkena dampak hujan batu dari material vulkanik. Ketebalan Abu di jalan hingga 5 cm.

Tim Rescue PKPU Human Initiative terus melakukan koordinasi dengan institusi kebencanaan dan berbagai pihak serta mengevakuasi warga korban terdampak.

“Tindakan yang akan dilakukan, kami terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat, BPBD, PVMBG (pemantau Gunung Sinabung) serta mengevakuasi warga di wilayah yang rawan terkena dampak letusan susulan,” terang Fakhri dalam laporannya.

Potensi letusan Gunung Sinabung masih besar. Aktivitas masyarakat sebagian dihentikan sementara karena tebalnya hujan debu vulaknik.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6226 seconds (0.1#10.140)