alexametrics

Gempa 4,8 SR Guncang Manokwari Papua Barat

loading...
Gempa 4,8 SR Guncang Manokwari Papua Barat
Gempa bumi berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah Manokwari Sabtu malam. Foto: MNC Media
A+ A-
MANOKWARI - Gempa bumi berkekuatan 4,8 skala richter (SR) mengguncang wilayah Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat, Sabtu (17/2/2018) malam WIB.

Pelaksana tugas Balai Besar BMKG Wilayah V Jayapura, Tato Agustinus, mengatakan, gempa tektonik tersebut terjadi pada pukul 17.32 WIT dengan kekuatan 4,8 SR.

Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 0.41 LS-133.96 BT, tepatnya di laut pada 51 Km Barat Laut Manokwari dengan kedalaman 10 Km. Akibatnya, penjalaran getaran gempa dirasakan cukup signifikan.



Dari laporan masyarakat, dampak gempa bumi berupa guncangan cukup dirasakan di Kabupaten Manokwari dengan intensitas II SIG (II-III MMI). Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Manokwari Trough.

"Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami," jelas Tato.

Hingga pukul 18.00 WIT, kata dia, belum terjadi gempa bumi susulan. Meski demikian masyarakat diimbau agar tetap tenang.

"Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai diimbau agar tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami," tegasnya.
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak