Bersihkan Tempat Sampah Liar, DLH Gandeng Karang Taruna dan Warga

Jum'at, 16 Februari 2018 - 16:01 WIB
Bersihkan Tempat Sampah Liar, DLH Gandeng Karang Taruna dan Warga
Bersihkan Tempat Sampah Liar, DLH Gandeng Karang Taruna dan Warga
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Warga RT 08, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng bersama Karang Taruna, Lurah Sidorejo, Babinkamtibmas, petugas kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan gotong royong penutupan pembuangan sampah liar di belakang Gedung KONI, Pangkalan Bun, Jumat (16/2/2018).

Koordinator Kebersihan, DLH Kobar, Waseo menuturkan, sudah hampir empat bulan ini warga membuang sampah sembarangan karena tidak di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) yang telah disediakan di belakang gedung KONI. Warga justru memilih membuang sampah di seberang TPS.

“Jadi yang tempat pembuangan sampah liar itu tidak hanya sampah rumah tangga saja, bekas tebangan pohon dan bahan bangunan juga di buang di situ,” ujar Waseo, Jumat (16/2/2018).

Dia mengatakan, ada solusi bagi warga yang tidak ingin membuang sampah di sembarang tempat.

Yakni dengan pembentukan pengelolaan sampah dari karang taruna, nantinya sampah setiap rumah warga akan dijemput membayar Rp25 ribu per bulan. Kendati demikian bagi yang punya usaha dan pertokoan biaya menyesuaikan dengan volume sampah.

“Tidak hanya warga di sini saja yang membuang sampah di luar TPS, bahkan ada juga dari Kelurahan Madurejo yang membuang sampah di sini,” timpalnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Bahan Beracun, DLH Kobar Robiannor menyampaikan, DLH Kobar menurunkan alat berat wheel loader untuk membersihkan tempat pembuangan sampah liar yang langsung dibuang di jurang belakang gedung KONI.

“Ada sekitar 30 ton sampah liar yang kita buang langsung ke jurang dan kita lakukan penutupan dengan memasang pagar dan larangan membuang sampah di lokasi yang dipagari tersebut,” ungkapnya.

Robi melanjutkan, selain tempat pembuangan sampah liar di belakang gedung KONI, pihaknya juga akan melakukan pembersihan dan penutupan tempat pembuangan sampah liar yang berada di Jalan Tjilik Riwut I dan Jalan Tjilik Riwut II.

Hal ini dilakukan guna menyadarkan masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Solusinya membuang pada TPS yang telah disediakan, tetap berfungsi dan secara rutin kami angkut,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6201 seconds (0.1#10.140)