Makin Rumit, Bos Abu Tours Dikabarkan Ajak Karyawannya Kabur

Rabu, 14 Februari 2018 - 19:22 WIB
Makin Rumit, Bos Abu Tours Dikabarkan Ajak Karyawannya Kabur
Makin Rumit, Bos Abu Tours Dikabarkan Ajak Karyawannya Kabur
A A A
PALEMBANG - Persoalan biro perjalanan haji dan umroh Abu Tours dengan ribuan jemaah umroh Sumatera Selatan (Sumsel) kian rumit.

Sebab, bos serta karyawan travel keberangkatan Haji dan Umrah Abu Tour diketahui telah kabur usai menelantarkan 1.660 calon jemaah umrah asal Sumatera Selatan.

"Indikasinya seluruh karyawannya (Abu Tour) sudah kabur dengan membawa barang-barang yang ada di kantornya. Ada saksi yang melihat, jika para karyawan sudah membawa mengeluarkan barang-barang mereka," kata Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Rabu (14/2/2018).

Kapolda menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait persoalan tersebut. Sejauh ini, Polda Sumsel sudah memeriksa sedikitnya 40 orang saksi. "Saksi yang kita periksa semuanya dari korban," papar Zulkarnain.

Setelah pemeriksaan saksi ini, lanjut Zulkarnain, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri Palembang guna meminta izin untuk melakukan penggeledahan terhadap kantor Abu Tours.

"Kita akan mencari bukti-bukti disana (kantor Abu Tours) dan ingin mencari data terkait berapa banyak korbannya. Sampai sekarang belum ada dari pihak Abu Tour diperiksa. Seiiring waktu berjalan pasti ada tersangka dalam kasus ini," imbuhnya.

Zulkarnain juga menegaskan akan melakukan pencekalan berpergian untuk bos maupun karyawan Abu Tours saat proses pemeriksaannya nanti. "Itu untuk mengantisipasi para pelaku kabur ke luar negeri. Dugaannya pemilik travel umroh ini kan menggelapkan uang jamah dengan modus tarif umroh yang murah. Bisa saja mereka akan mengaburkan uang hasil dari penipuan tersebut dengan cara-cara yang termasuk Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU)," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5538 seconds (0.1#10.140)