Peringati Hari Bela Negara Ke-75, Gubernur Khofifah Ajak Aksi Cinta Tanah Air Menuju Indonesia Maju

Selasa, 19 Desember 2023 - 17:55 WIB
loading...
Peringati Hari Bela Negara Ke-75, Gubernur Khofifah Ajak Aksi Cinta Tanah Air Menuju Indonesia Maju
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat agar berkontribusi dalam aksi nyata cinta tanah air. (Foto: dok Pemprov Jatim)
A A A
SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak kepada seluruh masyarakat untuk melakukan aksi nyata cinta kepada tanah air. Hal ini penting guna mewujudkan cita-cita dan kesejahteraan bangsa menuju Indonesia Maju.

Ajakantersebut disampaikan oleh Khofifah saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Bela Negara di Gedung Negara Grahadi, Surabaya pada Selasa (19/12/2023). Menurutnya, aksi nyata cinta tanah air ini sejalan dengan peringatan Hari Bela Negara Ke-75 Tahun 2023 yang mengangkat tema 'Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju'.

Ia menyebutkan bahwa peringatan Hari Bela Negara ini merupakan momentum penting untuk bersatu dan berkontribusi mewujudkan aksi nyata demi cinta tanah air, sekaligus mengantarkan Indonesia Maju yang selama ini kita cita-citakan.

"Hari Bela Negara menjadi saat yang tepat untuk bersatu dan berkontribusi mewujudkan aksi nyata sesuai dengan kemampuan dan profesi masing-masing dalam membela tanah air Indonesia," ujarnya.

Selain itu, Khofifah juga mengajak untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila sebagai salah satu wujud bela negara dalam keseharian. Dimana, Pancasila merupakan dasar untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.

Khofifah juga menjelaskan, Pancasila menjadi poin penting dalam situasi politik seperti saat ini. Mengingat adanya eskalasi politik, terutama antar pendukung atau simpatisan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Dengan Pancasila inilah, terutama sila ke-3 tentang Persatuan Indonesia dapat menjadi pengingat bersama bahwa persatuan itu harus diutamakan di tengah kondisi apapun termasuk jelang Pemilu 2024," ucapnya.

Khofifah menyebutkan dengan adanya rasa persatuan, tujuan untuk membawa Indonesia Maju seperti yang tertuang dalam amanat Presiden RI Joko Widodo akan terwujud sesuai dengan cita-cita bersama menuju Indonesia Emas 2045.

"Cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara dan Indonesia Emas akan terwujud pada tahun 2045 mendatang,"ucap Khofifah.

Di Jawa Timur, lanjut Khofifah, Pemprov Jatim telah berkontribusi untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Maju dan Indonesia Emas 2045. Hal itu dibuktikan dengan sejumlah torehan nyata dari generasi emas asal Jawa Timur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2065 seconds (0.1#10.140)