Misteri Puake, Sosok Naga Raksasa Penunggu Sungai Kapuas

Senin, 18 Desember 2023 - 10:09 WIB
loading...
A A A
Masyarakat Bansir di Pontianak mempercayai Puake berwujud buaya putih. Mereka menyebut Puake buaya putihnya dengan nama Sarassa. Puake jenis buaya muncul pada acara pernikahan dan malam takbiran.

Selain berbentuk buaya putih, masyarakat juga mempercayai adanya Puake jenis lain. Salah satunya adalah Puake berbentuk ular besar panjang raksasa. Ular besar ini memiliki bentuk seperti naga. Kepala naga ini berada di muara sungai dan ekornya berada di hulu.

Ada pula Puake berbentuk kura-kura besar bernama Puake Biukur. Bentuk Puake sebenarnya tidak dapat digambarkan secara pasti. Sebab, hewan penunggu Sungai Kapuas ini kerap bersembunyi.

Pontianak memang lekat dengan kisah mistis Puake, penunggu Sungai Kapuas berbentuk naga. Meski demikian, Sungai Kapuas tetap memiliki daya tarik tersendiri karena ragam destinasinya.

Keindahan Sungai Kapuas memperlihatkan keindahan tersembunyi dari Kota Pontianak. Jika berkunjung ke Pontianak sempatkan bertandang ke Sungai Kapuas untuk refreshing. Wisatawan dapat menyusuri Sungai Kapuas menggunakan kapal wisata.
(hri)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2826 seconds (0.1#10.140)