Wisatawan dari Ceko Nyaris Tewas Tergulung Ombak Ganas Pantai Parangtritis

Sabtu, 16 Desember 2023 - 13:00 WIB
loading...
Wisatawan dari Ceko Nyaris Tewas Tergulung Ombak Ganas Pantai Parangtritis
Wisatawan asal Republik Ceko (kanan) saat berada di Pos Satlinmas Rescue Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis usai berhasil diselamatkan saat akan tenggelam. Foto/Istimewa.
A A A
BANTUL - Seorang wisatawan asal Republik Ceko nyaris tenggelam saat sedang bermain air di Pantai Parangtritis pada Jumat (15/12). Beruntungnya, nyawa wisatawan tersebut dapat diselamatkan berkat pertolongan petugas.

Kasi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana mengatakan, korban merupakan seorang laki-laki berusia 29 tahun bernama Lukas Danhelka. Sebelum kejadian, sekira pukul 15.00 WIB korban bersama kekasihnya sempat jalan-jalan di kawasan pantai.

”Saat itu korban sempat diingatkan oleh petugas SAR yang sedang patroli, namun tidak dihiraukan,” kata I Nengah, Sabtu (16/12/2023).



Kemudian sekira pukul 16.05 WIB, korban justru berenang ke tengah mengarah ke palung pantai, sehingga terbawa arus ombak ganas. Beruntung, petugas yang mengetahuinya bisa bergegas memberikan pertolongan.

”Korban berhasil diselamatkan oleh petugas dengan cara berenang menggunakan papan surfing,” imbuhnya.



Sekira pukul 16.35 WIB korban berhasil dievakuasi ke daratan dan dibawa ke Pos Satlinmas Rescue Wilayah Operasi III Pantai Parangtritis untuk diberikan pertolongan lanjutan.

Berkaca dari kejadian itu, Jeffry kembali mengingatkan kepada para wisatawan agar tidak nekat bermain air di Pantai Parangtritis, terlebih berenang ke tengah pantai. Pihaknya juga meminta kepada wisatawan untuk mematuhi dan mengindahkan peringatan yang diberikan petugas.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9057 seconds (0.1#10.140)